Sukses

Terapi Kanker Usus

15 May 2017, 17:02 WIB
Pria, 44 tahun.

Semoga sllu dlm kandungan Allah SWT. Mohon pencerahan dan bantuannya ya Dokter... Kisahnya demikian: Setelah di vonis mengidap kanker usus stadium 3b, dan di lakukan operasi pemotongan usus, juga kolostomi, dan kemoterapi pertama. Dapatkah di sambung kembali ususnya, sedangkan jarang dikontrol. Juga dapatkah Hanya 2 kali kemoterapi saja, sedangkan anjuran dari Dokter ahli sebanyak 12 kali. Bagaimana peluang sehat pasien terhadap penyakitnya.. Terimakasih. Wassalam

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih atas kepercayaan anda berkonsultasi di klikdokter.com

Kanker usus adalah pertumbuhan abnormal sel pada rongga usus. Gejalanya bisa berupa gangguan BAB, BAB berdarah, perut kembung, gangguan pencernaan, nyeri perut, penurunan berat badan dan lemas.

Faktor risikonya adalah keturunan genetis, konsumsi makanan hewani yang berlebih, dan kurang serat. Pengobatan dari kanker usus besar (ca. Colon), sangat berdasarkan dari stadium kanker yang diderita. Jika kanker masi stadium awal dan belum menyebar maka sebaiknya dioperasi karena dengan demikian sel kanker yang diketemukan dapat diangkat dengan sempurna. Bila sudah menyebar biasanya dilakukan pengobtan berupa kemoterapi dan harus dengan operasi juga (pengangkatan usus). 

Kami sarankan Anda melakukan kontrol pengobatan teratur ke dokter dan mengikuti segala protokol terapi kanker termasuk kemoterapi karena ini merupakan hal yang sangat penting untuk pengobatan. Selain itu, masalah apakah usus dapat disambung kembali atau tidak sebaiknya anda bertanya langsung kepada ahli bedah yang melakukan operasi karena dokter bedah lebih mengetahui kondisi usus anda saat ini.

Semoga jawaban kami dapat menjawab pertanyaan Anda.
Hormat kami, RF

0 Komentar

Belum ada komentar