Sukses

Peluang Hamil Setelah Berhenti KB Suntik 3 Bulan

15 May 2017, 15:54 WIB
Wanita, 25 tahun.

dok,, setelah lahir anak pertama, saya ikut kb suntik 3 bulan selama 2 tahun,, dan per januari kemarin saya suntik yang terakhir,,, dan bulan april kemarin tanggal 9 dan 11 saya ad flek haid,,, hingga sekarang sudah suci,,, waktu akhir bulan kemarin saya tp hasilnya negatif,,, yang saya tanyakan ap kemungkinan saya hamil atau pengaruh dari suntik kb masih ad atau gimana y ?? terima kasih

Terimakasih telah bertanya seputar kehamilan setelah lepas KB melalui fitur Tanya Dokter.

Kembalinya kesuburan setelah lepas KB berbeda-beda tergantung metode KB yang digunakan. Secara garis besar terdapat dua macam metode KB yaitu yang hormonal dan non-hormonal. KB hormonal terdiri dari pil KB, KB implan dan KB suntik. Sedangkan KB non hormonal terdiri dari IUD (spiral) dan tubektomi (kontrasepsi mantap/steril).

KB suntik 3 bulanan mengandung derivat progestin yang bersifat menipiskan dinding rahim sehingga Anda tidak haid atau hanya haid sedikit (flek-flek). Hingga bulan lalu Anda masih flek-flek artinya masih ada sisa-sisa efek dari KB suntik 3 bulanan. Kemungkinan besar kesuburan Anda belum kembali karena itu test pack pun negatif.

Secara teori, kesuburan akan kembali dalam 2 minggu setelah KB hormonal dihentikan. Tetapi kenyataannya, ini bisa bervariasi dari 3 bulan hingga 1 tahun setelah dihentikan. Indikator kesuburan telah kembali ialah siklus haid yang sudah kembali normal/teratur.

Sedangkan untuk KB non hormonal (dalam hal ini penggunaan IUD/spiral), umumnya kesuburan akan kembali segera setelah IUD/spiral dilepas. Karena KB ini sifatnya mekanik, tidak akan mengganggu siklus haid sehingga kesuburan dapat segera kembali.

Jika siklus haid Anda sudah kembali normal dan teratur maka peluang Anda untuk hamil besar.

Anda perlu juga mengetahui masa-masa subur agar peluang hamil lebih tinggi. (Baca: Seputar Masa Subur

Untuk kiat-kiat hamil dapat Anda baca di sini: Cara Cepat Hamil.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar kehamilan setelah lepas KB. Semoga bermanfaat. (FA)

Salam,
Tim Redaksi Klikdokter

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar