Sukses

Jari Tabuh pada PPOK

15 May 2017, 15:36 WIB
Wanita, 18 tahun.

Selamat malam saya ingin bertanya, menurut dokter Mengapa pada orang yang mengalami gangguan pernafasan terutama PPOM & PPOK kukunya mengalami jari tabuh ? Makasih

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terimakasih telah bertanya tentang Jari Tabuh pada PPOK melalui fitur Tanya Dokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluarga.

Jari tabuh atau clubbing finger adalah kelainan bentuk jari dan kuku tangan yang menjadikan jari tangan dan kaki membulat yang umumnya berkaitan dengan penyakit jantung dan paru-paru.

Penyebab terjadinya clubbing finger adalah penambahan jaringan ikat yang terjadi pada bagian jaringan lunak di dasar kuku yang berkaitan dengan kekurangan oksigen kronik/hipoksia kronik.
Jari-jari tabuh terjadi karena adanya sianosis jangka lama. Sianosis menujukkan bahwa kurang kadar oksigen. Hal ini terjadi di jari-jari sebab terdapat pembuluh darah perifer atau pembuluh darah tepi. Kurangnya kadar oksigen di perifer khususnya di jari-jari merangsang otak untuk melebarkan pembuluh darah di jari-jari. Dilatasi/pelebaran pembuluh darah ini bersifat permanen yang mengakibatkan jari-jari tabuh.

Meskipun mekanisme terjadinya jari tabuh tidak jelas, tampaknya keadaan ini timbul sekunder akibat adanya substansi (kemungkinan humoral) yang menyebabkan dilatasi pembuluh-pembuluh darah pada ujung jari tangan.

Cara mengetahui clubbing finger :

Temukan kedua jempol tangan pada bagian punggungnya.
Pada jari normal, antara pangkal kuku dapat bertemu. Tetapi pada clubbing finger pangkal kuku tidak dapat bertemu membentuk sudut 165 derajat.
Tanda-tanda clubbing fingers yaitu :

Setiap jari membulat dan mengembung (adanya penebalan pada seluruh distal jari tangan).
Bantal kuku menjadi cembung dan melengkung.
Ketika di palpasi terasa seperti busa.
Perubahan sudut antara kuku dan dasar kuku lebih dari 180 derajat (sudut kuku normal 160 derajat).
Timbul aspek mengkilap pada jari dan kulit.
Selain akibat gangguan pada jantung dan paru, kelainan ini dapat juga disebabkan oleh gangguan saluran cerna (Malabsorbsi, Penyakit Chron, Sirosis, Sindroma hepatopulmoner sebagai komplikasi dari sirosis) atau hipertiroidisme.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Jari Tabuh pada PPOK. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar