Sukses

Cairan Putih dari Vagina

10 May 2017, 08:40 WIB
Wanita, 18 tahun.

Dokter saya mau tanya, beberapa hari yang lalu saya melakukan petting dengan tunangan saya with clothed on, kemudian unclothed hanya sebentar. setelah beberapa jam stelah itu saya mengeluarkan egg white yg cukup banyak dan ketika saya check, saya mengalami opening vagina. Dan egg white ada selama 4 hari

Terima kasih telah bertanya tentang cairan putih dari vagina melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Keluhan Anda mengenai cairan putih dari vagina pasti sangat mengganggu Anda.

Apakah yang Anda maksud dengan egg white itu adalah cairan berwarna putih keluar dari vagina? Jika ya, berarti Anda mengalami keputihan.

Cairan yang keluar dari vagina dapat berupa cairan yang normal (fisiologis) atau tidak normal (patologis). Dikatakan normal bila warnanya putih bening, jumlahnya tidak berlebihan dan tidak ada keluhan lain seperti gatal, bau, disertai darah ataupun nyeri. Sebaliknya, cairan yang keluar dari vagina bisa merupakan cairan yang tidak normal bila warnanya sudah berubah menjadi kuning, hijau, disertai darah atau terdapat keluhan seperti gatal, panas, bau, dan nyeri. Sudah berapa lama Anda mengalami keputihan kekuningan seperti yang Anda sampaikan?

Jika keputihan yang dialami merupakan keputihan abnormal maka memerlukan pengobatan dengan antijamur/antibiotik/antiparasit sesuai dengan kuman penyebabnya. Penentuan penyebab keputihan yang tidak normal ini hanya dapat dilakukan melalui pemeriksaan langsung oleh dokter. Pengobatan yang tidak tepat guna ataupun tidak tepat dosis alih-alih mengobati justru dapat menimbulkan kekebalan kuman penyebabnya.

Keputihan abnormal harus diobati karena dapat menyebabkan penyebaran infeksi ke organ dalam dan sebaiknya menghindari hubungan seksual terlebih dahulu. Selain itu lakukan beberapa tips di berikut ini untuk mencegah keputihan datang kembali:

  • Sering mengganti celana dalam apabila berkeringat atau lembap
  • Menghindari penggunaan celana ketat yang terbuat dari bahan yang tidak menyerap keringat
  • Apabila ingin menggunakan panty liner pilihlah yang tidak mengandung pengharum dan tidak digunakan selama lebih dari 4-6 jam
  • Menghindari penggunaan produk pembersih kemaluan yang dapat menyebabkan perubahan keasaman dan keseimbangan bakteri dalam liang kemaluan ibu
  • Bila hendak membilas setelah buang air kecil, lakukanlah dengan arah dari depan ke belakang menggunakan handuk.

Keluhan keluar cairan dari vagina yang Anda alami bisa normal, namun bisa juga tidak. Oleh karena itu, kami sarankan Anda mengunjungi dokter spesialis kulit dan kelamin atau spesialis kandungan untuk pemeriksaan secara menyeluruh.

Demikianlah jawaban yang dapat kami berikan mengenai cairan putih dari vagina. Semoga bermanfaat. Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar