Sukses

Ingin Hamil Anak Kedua

15 May 2017, 12:47 WIB
Pria, 34 tahun.

Saya adlh ayah 1 putri usia 5,5 thn yg sdg program anak kedua, tapi istri msh blm hamil juga. Jawaban dokter pd istri saya karena masalah hormon, pdhl istri saya sdh berhenti KB suntik sejak 3 thn lalu. Pertanyaan saya, apakah mgkn kualitas sperma saya jauh menurun sehingga turut andil dlm belum hamilnya istri saya? Pdhl saya bukan perokok dan sdh mulai jogging lg seminggu 2 kali. Mohon jawaban dan sarannya dok, terimakasih

Terimakasih telah bertanya seputar infertilitas melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kondisi Anda.

Yang Anda dan istri alami disebut dengan infertilitas sekunder, yaitu belum hamil setelah 1 tahun melakukan hubungan intim yang rutin dalam frekuensi 2-3 kali/minggu, dan pernah hamil sebelumnya.

Penyebab infertilitas sekunder bisa dari faktor pria maupun wanita.

Pada pria, infertilitas disebabkan oleh:

  • Kondisi dimana jumlah, bentuk, dan pergerakan sperma menjadi buruk (varikokel, paparan toksin dan bahan kimia, paparan radiasi)

  • Kondisi dimana sperma tidak dapat dikeluarkan (ejakulasi dini, sumbatan saluran semen)

Sedangkan pada wanita:

  • Kelainan ovulasi (produksi sel telur)

  • Kelainan rahim (kanker, endometriosis, mioma, perlekatan rahim ke organ dalam perut)

  • Sumbatan saluran telur

  • Tidak normalnya jumlah lendir vagina akibat pengaruh hormon sehingga dapat mengganggu perjalanan sperma untuk bertemu sel telur

Untuk menentukan penyebab infertilitas, diperlukan pemeriksaan baik pada pria maupun wanita. Pada pria dapat dilakukan pemeriksaan analisis sperma. Sedangkan pada wanita dapat dilakukan antara lain USG, HSG (Histerosalpingografi) untuk menentukan ada tidaknya sumbatan saluran telur, analisis hormon, dan laparoskopi (teknik melihat ke dalam perut tanpa tindakan pembedahan besar).

Bila ingin hamil kembali, kami sarankan agar Anda dan istri memeriksakan dirike dokter kandungan konsultan fertilitas (SpOG-KFER).

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar infertilitas. Semoga bermanfaat. (FA)

Salam,
Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar