Sukses

Perut Kembung Seperti Ditusuk

15 May 2017, 12:47 WIB
Pria, 24 tahun.

Dok.. Kenapa perut saya sakit dok rasanya pedih dok.. Sering berbunyi seperti air,, sakitnya nusuk2 dok ke semua bagian perut.. Kalau habis makan sering sendawa dok.. Mengeluarkan angin.. Blum makan sakit habis makan pun sakit dok.. Keluhan ini sudah 3 hari.. Sampai saat ini masih sakit dok.. Kira kira kenapa yaa dok

Terima kasih telah bertanya seputar perut kembung melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Keluhan yang Anda alami dapat terjadi akibat perut kembung. Perut kembung terjadi karena terlalu banyak gas menumpuk di dalam saluran pencernaan. Bila Anda pun sulit buang angin atau terjadi gangguan BAB, keluhan perut kembung bisa berupa mules hingga rasa seperti tertusuk-tusuk di area perut.

Penyebabnya antara lain:

  • Menelan udara. Jika udara yang ditelan tidak disendawakan, udara ini akan melalui saluran pencernaan, dan dikeluarkan melalui anus sebagai flatus (kentut). Menelan udara berlebihan dapat menyebabkan cegukan.
  • Konsumsi makanan dan minuman yang mengandung gas, seperti biji-bijian, brokoli, minuman bersoda, dan bir. 
  • Konstipasi dapat menyebabkan kembung namun tidak meningkatkan jumlah gas dalam saluran cerna.
  • Efek samping obat atau suplemen seperti obat antinyeri golongan narkotik, vitamin, suplemen besi dan obat-obatan untuk mengatasi konstipasi.
  • Perubahan kadar hormon. Sebagian wanita akan mengalami kembung sebelum haid.
  • Hamil.
  • Otot perut melemah karena kehamilan atau operasi perut.
  • Kegemukan.

Selain hal-hal di atas, banyak gas dan kembung dapat disebabkan oleh kondisi yang lebih serius seperti radang lambung (gastritis), obstruksi usus (sumbatan usus), gangguan hati, penyakit kandung empedu, atau kanker.

Pengobatan tergantung dari penyebabnya. Karena itu, kami menyarankan agar Anda segera memeriksakan diri ke dokter agar dapat diperiksa langsung dan ditentukan penyebabnya.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar peruta kembung. Semoga bermanfaat. (FA)

Salam sehat,
Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar