Sukses

Benda Asing di Hidung

15 May 2017, 10:48 WIB
Pria, 3 tahun.

dok sy mau tanya..hidung anak sy sepertinya kemasukaan benda asing mkanan...sy sudah bawa k klinik trus di rujuk ke rumah sakit igd di over lgi k poli THT ujung2 gk sanggup..dirujuk lagi ke rumah skit lain..alasan nya kedala alat...ini anak sy di over2 mulu..setiap di periksa anak sy berontak...selain sy khawatir soal epek benda asing tdi,sy jg khawatir timbul maslah badu sikis anak sy yg slalu dipaksa dalam pemeriksaan...apa tidak ada cara lain?contoh nya dgn bius total?

Terima kasih telah bertanya tentang benda asing di hidung melalui fitur Tanya Dokter. 

Kami memahami kekhawatiran Anda. Benda asing pada hidung dapat terjadi pada semua usia, namun memang sering pada anak-anak. Benda asing pada hidung dapat berupa benda mati maupun benda hidup. Contoh benda mati seperti seperti kacang, manik-manik, koin, kapur, sobekan kertas, mainan kecil, atau stiker seperti yang terjadi pada anak Anda.

Tindakan Anda membawa anak ke dokter spesialis THT sudah tepat. Bila dibawa ke dokter THT, Dokter THT akan melakukan pemeriksaan fisik pada organ hidung. Tidak menutup kemungkinan bisa dilakukan pemeriksaan x-ray dan nasoendoskopi jika benda asing susah terlihat.

Bila dokter sudah melakukan pemeriksaan dan tidak menemukan stiker tersebut, maka kemungkinan besar stiker tersebut sudah keluar dengan sendirinya, tanpa Anda dan anak sadari.

Namun demikian, apabila terdapat gejala berupa:

  • keluarnya cairan hidung yang berbau busuk, biasanya hanya pada satu sisi hidung yang terdapat benda asingnya.
  • Adanya gejala lainnya berupa sulit bernapas, hidung tersumbat, nyeri pada hidung, sakit kepala, mimisan dan juga demam

Maka kemungkinan besar masih ada benda asing di hidung dan Anda dianjurkan membawa kembali anak Anda ke dokter.]

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai benda asing di hidung. Semoga bermanfaat. Salam 

0 Komentar

Belum ada komentar