Sukses

Bolehkah Minum Antibiotik?

15 May 2017, 09:24 WIB
Pria, 38 tahun.

Apa boleh minum obat antibiotik sehari 3x yg dengan dosis 500mg?

Terima kasih telah menggunakan layanan Tanya Dokter Klikdokter.

Antibiotik adalah obat yang diperuntukkan untuk membunuh bakteri. Masing-masing antibiotik memiliki indikasi bakteri tertentu yang dapat dibunuh. Untuk memaksimalkan kemampuannya, antibiotik harus dikonsumsi sesuai dengan cara pakai.

Minimal antibiotik diminum selama 3 hari atau lebih sesuai dengan jenis penyakit yang diderita. Dosis akan tergantung dari jenis antibiotik. Antibiotik harus dihabiskan (sembuh ataupun tidak sembuh) karena apabila dihentikan sendiri dalam artian tidak sesuai dengan cara pakai maka dapat menimbulkan resistensi atau kuman menjadi kebal terhadap antibiotik tersebut. Pada saat lain anda diberikan antibiotik tersebut maka kuman di tubuh anda sudah kebal terhadap antibiotik itu.

Karena itulah ANTIBIOTIK HANYA DIKONSUMSI DI BAWAH PENGAWASAN DOKTER. Antibiotik tidak boleh dikonsumsi bebas, atau dalam kasus anda diminum setiap hari selamanya.

Antibiotik bukanlah obat dewa yang dapat dikonsumsi setiap kali sakit, antibiotik memiliki indikasi sendiri dan hanya dokter yang boleh meresepkannya.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar