Sukses

Keloid Gatal dan Membesar

15 May 2017, 09:24 WIB
Wanita, 18 tahun.

Selamat Malam dok, saya mau bertanya saya punya keloid di pundak bagian kiri. saya sudah berobat berbagai cara awalnya mau operasi tp tdk jadi dok tapi saya di suruh suntik cairan setiap minggu nya selama beberapa bulan , lama kelamaan keloid itu mengecil akhir nya saya putuskn untuk tdk melanjutkn progam suntik cairan lagi dok selama berapa bulan keloid itu tumbuh besar lagi dan terasa gatal. apakah keloid ini berbahaya dok? jika keloid itu terasa gatal apakah berbahaya atau tdk apakah nambah besar ato tdk? terimakasih.

Terima kasih telah bertanya mengenai keloid gatal dan membesar melalui fitur Tanya Dokter
Halo,

Terdapat dua macam bekas luka yang tampak menonjol, yaitu keloid dan bekas luka hipertrofik. Keduanya dapat dibedakan melalui tampilan secara makroskopis maupun mikroskopis. Faktor risiko terjadinya dua kasus ini meningkat pada seseorang beretnis kulit gelap dengan riwayat keluarga yang memiliki keluhan sama.

Keluhan biasanya disebabkan karena adanya proses infeksi atau tarikan pada jaringan bekas luka tersebut, terutama apabila lokasi terjadinya keloid dan atau bekas luka hipertrofik berada pada daerah yang memiliki ketegangan otot tinggi, seperti cuping telinga atau perbatasan mandibular.

Mengingat angka kekambuhan kasus ini cukup tinggi, beberapa tata laksana keloid adalah sebagai berikut :

Eksisi bedah pada jaringan yang terkena
Suntikan steroid intralesi
Terapi laser
Salep kortikosteroid

Keloid tidak berbahaya dan tidak mengganggu kesehatan, namun dapat menimbulkan ketidaknyamanan karena alasan kosmetik. Keloid dapat membesar melebihi batas luka itu sendiri namun tidak akan terus menerus membesar. Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai keloid gatal dan membesar . Semoga bermanfaat.

 

0 Komentar

Belum ada komentar