Sukses

Haid Setelah Masa Nifas

15 May 2017, 05:08 WIB
Wanita, 28 tahun.

Hai dok,sy mau tanya tentang siklus haid. Sebelumnya sy mau menginfokan kalau sy baru mendapatkan haid 2x setelah masa nifas (anak sy sekarang usia 14 bln). Haid pertama sy tgl 18 maret 2017 dan habis tgl 23 maret 2017, kemudian haid ke dua sy tgl 28 april dan habis tgl 2 mei 2017. Yang menjadi pertanyaan, bagaimana cara sy menghitung masa subur sedangkan rentang haid yg pertama ke yg kedua cukup jauh, 41 hari? Atau munkin masih blm normalkah siklus haidnya karena baru mendapatkan haid setelah nifas, dan sy jg masi menyusui secara aktif bs lbh dr 6x sehari. Terimakasih sebelumnya

Terima kasih telah bertanya tentang haid setelah masa nifas melalui fitur Tanya Dokter. 

Untuk menjawab pertanyaan Anda ijinkan kami menjelaskan mengenai masa nifas. Masa nifas adalah masa setelah seorang ibu melahirkan hingga alat-alat kandungannya kembali seperti sebelum hamil. Masa nifas ini berlangsung kira-kira 6-12 minggu. Darah yang keluar di masa nifas merupakan pembersihan terhadap sisa-sisa kehamilan. Pada umumnya keluar sampai jangka waktu 40 hari. Setelah masa nifas selesai, diperkirakan fungsi alat-alat reproduksi telah normal kembali seperti sebelum hamil, karena itu menstruasi sudah dapat terjadi lagi.

Pada wanita yang tidak memberikan ASI kepada bayinya, 80% akan mendapatkan menstruasinya kemabali dalam dalam 20 minggu setelah melahirkan. Pada wanita yang memberikan ASI kepada bayinya, proses kembalinya menstruasi akan berlangsung lebih lambat. Meskipun demikian, tidak menyingkirkan pula bahwa seorang wanita dapat mengalami menstruasi kembali dalam 1 bulan setelah melahirkan, karena proses menstruasi diatur oleh kadar hormon di dalam tubuh dan hal ini berbeda-beda pada setiap orang. Siklus menstruasi normal berlangsung selama 21-35 hari, 2-8 hari adalah waktu keluarnya darah haid yang berkisar 20-60 ml per hari. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. Salam. 

0 Komentar

Belum ada komentar