Sukses

Susu Formula Untuk Bayi, Perlukah?

15 May 2017, 03:56 WIB
Pria, 25 tahun.

Dok sy mau nanya, anak sy usia 1 bulan, kbtln asi sy kurang bnyk jd sy bantu dengan sufor bmt morinaga . Smnjk mnum sufor babnya 2x dlm sehari itupun cumn mlm, trus sering bnget kentut. Dan klo mlm suka begadang g2 . Apkh ankny dak cocok dengn sufor nya ? Mksih

Terima kasih telah bertanya tentang susu formula untuk anak melalui fitur Tanya Dokter.

Ketika bayi baru lahir dan ASI belum keluar secara lancar, jangan langsung terburu-buru memberikan susu formula atau air gula. Secara teori, ASI akan semakin banyak mengalir bila payudara semakin sering dihisap oleh bayi. Karena itu, ingat untuk selalu sodorkan payudara setiap kali bayi menangis. Hal ini perlu dilakukan demi terlaksananya ASI eksklusif.

Produksi ASI sangat dipengaruhi kondisi psikis si ibu. Bila hati ibu tenang, bahagia, maka produksi ASI akan berlimpah. Kemungkinan hanya 1 dari 1000 wanita yang benar-benar tidak dapat menyusui.

Saat pemberian ASI, hisapan bayi dapat merangsang produksi hormon prolaktin (hormon yang dapat merangsang pengeluaran ASI). Sedangkan jumlah prolaktin yang diproduksi akan tergantung dari frekuensi dan intensitas hisapan bayi anda.

Atas dasar itu, pemberian susu formula atau air gula secara berkelanjutan tentunya dapat mengganggu atau bahkan menghentikan produksi ASI, karena bayi tidak lagi menghisap payudara ibu. Untuk itu, jangan putus asa untuk terus memberikan ASI pada bayi Anda, sodorkan ASI setiap kali bayi menangis dan usahakan untuk terus menawarkan ASI pada bayi Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang susu formula untuk anak. Semoga bermanfaat.

Salam

 

0 Komentar

Belum ada komentar