Sukses

Benjolan Hitam di Kulit

15 May 2017, 01:57 WIB
Pria, 19 tahun.

Dok, saya mau tanya. Saya punya benjolan kecil berwana hitam disekitar tubuh saya (siku tgn kiri, bawah bibir, dan kaki kanan) awal itu hanya terlihat seperti kulit kering membundar kecil tepat di siku kiri (mulai smp) lama kelamaan benjolan itu makin tumbuh memperbanyak hingga hampir setengah lengan kiri lurus sejalur, sedangkan yg di bawah bibir membesar diameternya (saai ini). Saya sangat risih dengan keadaan seperti ini, karena terlihat dibagian tubuh bagian luar. Menurut keluarga dan teman itu adalah kutil klo tidak dicabut akan memperbanyak. Sedangkan saya takut untuk mencabutnya, karena cara yg mereka sarankan sangat menantang. Apakah ada cara lain dalam dunia medis yg lebih baik untuk menghilangkannya, misal obat atau lainnya? Terimakasih.

Terima kasih telah bertanya tentang benjolan hitam di kulit melalui fitur Tanya Dokter. 

Daerah berwarna kehitaman di dalam dunia kedokteran juga disebut dengan hiperpigmentasi. Hiperpigmentasi ini dapat dicetuskan oleh beberapa faktor, diantaranya adalah kurang terjaga kebersihan, atau seringnya terjadi gesekan antar kulit. Dan juga dapat disebabkan pada bekas luka/peradangan yang sering disebut dengan hiperpigmentasi paska inflamasi.

Sedangkan untuk penanganan medis, terdapat beberapa pilihan. Dasar penanganan bekas luka yang menghitam biasanya menggunakan krim, pengelupasan kulit/chemical peeling ataupun laser. Beberapa cara tersebut diharapkan dapat menyamarkan, menipiskan, bahkan menghilangkan bekas luka.

Penanganan bekas luka yang menghitam ini memang sangat bergantung pada ukuran dari hiperpigmentasi dan sudah berapa lama terjadi.

Untuk kepentingan diagnosis dan pengobatan, Anda perlu mengunjungi dokter untuk penanganan yang optimal.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. Salam. 

0 Komentar

Belum ada komentar