Sukses

Nyeri Punggung Bawah

15 May 2017, 01:07 WIB
Wanita, 21 tahun.

Dok, pinggang sayang dr bagian (lurusan puser) sampai atas bokong sering sekali terasa sakit dan linu sekali hampir setiap saat, ditambah parah rasa sakitnya apabila saya terlalu lama duduk ataupun dr posisi berbaring menuju posisi duduk itu sangat sakit. Apa yang terjadi dan apa solusinya ya dok? Terimakasih sebelumnya..

Terima kasih telah bertanya tentang  nyeri punggung bawah melalui fitur Tanya Dokter. 

Keluhan Anda mengarah kepada nyeri punggung bawah atau low back pain. Ada banyak penyebab keluhan nyeri punggung bawah, yaitu;

1. Aktivitas berlebihan yang menyebabkan ketegangan pada bagian punggung bawah atau aktivitas dengan posisi yang tidak tepat (misalnya: mengangkat benda berat secara tiba-tiba atau berulang, pajanan getaran pada daerah punggung untuk waktu yang cukup lama).

2. Trauma, kecelakaan atau patah tulang.

3. Gangguan pada tulang belakang (sebagai contoh: peregangan otot dan ligamen di sekitar tulang belakang yang terlalu berlebihan atau efek penuaan).

4. Infeksi.

5. Adanya pertumbuhan massa yang abnormal, sepeti tumor.

6. Obesitas (biasanya pada orang dengan berat badan berlebih dapat terjadi tekanan berlebihan pada tulang belakang).

7. Tonus otot yang kurang baik pada bagian punggung.

8. Tegangan atau spasme otot.

9. Terkilir atau terpelintir.

10. Robekan otot atau ligamen.

11. Masalah pada persendian tulang belakang.

12. Merokok.

13. Hernia nukleosus pulposus (HNP).

14. Penyakit lainnya seperti osteoarthritis, spondilitis, atau fraktur kompresi.

Untuk itu, agar dapat mengetahui penyebab-penyebab dari keluhan nyeri punggung bawah, perlu dilakukan wawancara medis yang menyeluruh terkait dengan jenis nyeri, durasi dan juga keparahannya.

Selain itu juga perlu didukung dengan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang yang sesuai. Maka, jangan ragu untuk mengunjungi dokter jika keluhan nyeri punggung bawah Anda sudah tidak dapat diatasi dengan penanganan biasa dan semakin mengganggu aktivitas Anda. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. Salam. 

1 Komentar

  • Nur******i

    Terimakasih banyak dok atas jawaban yang sangat memuaskan semoga bermanfaat untuk semuanya ...