Sukses

Dada Berdebar-debar

15 May 2017, 01:07 WIB
Pria, 20 tahun.

dok, saya sering mengalami rasa sakit dibagian jantung saya, biasanya debarannya sangat kencang sampai-sampai saya tidak dapat berdiri dan hanya bisa berbaring. Keadaan ini sudah saya alami sejak umur saya 6 tahun setelah jatuh dari ketinggian dua meter dan bagian yang terjatuh awalnya adalah bagian depan. Saya ingin bertanya apakah, ada masalah dengan jantung saya, karena saya takutnya saya mengalai aritmia jantung. Oh iya dok, ketika jantung saya sudah mulai berdebar kencang maka saya harus mengimbanginya dengan cara bernafas dengan cepat supaya terasa lebih baik. Jawabannya ditunggu ya dok, terima kasih.

Terima kasih telah bertanya tentang penyebab dada berdebar melalui fitur Tanya Dokter. 

Dada rasa berdebar-debar dapat merupakan gejala dari:

  • penyakit jantung: aritmia (denyut jantung tidak teratur)
    bukan penyakit jantung/non cardiac: gondok atau hipertiroid, anemia, rasa cemas
  • Penderita sakit jantung biasanya memiliki gangguan dalam beraktivitas berat seperti berolahraga. Apakah stamina Anda baik saat berolahraga?

Terdapat pula penyakit GERD (Gastroesophageal Reflux Disease) yaitu asam lambung naik ke kerongkongan. Penderita GERD biasanya memiliki keluhan rasa panas/terbakar di dada bagian tengah. Keluhan dapat membaik dengan mengkonsumsi obat-obat maag. Apakah Anda memiliki sakit maag?

Punggung terasa sakit saat bergerak biasanya merupakan gangguan pada sistem muskuloskeletal (otot dan tulang). Keluhan ini dapat berkurang dengan mengkonsumsi antinyeri seperti paracetamol.

Melihat usia Anda, biasanya faktor psikis dapat berperan cukup besar terhadap keluhan-keluhan Anda. Apakah Anda mengalami rasa cemas berlebihan? Bila ya, saran kami Anda dapat mencari pertolongan ke dokter psikiater. Bila Anda tidak merasa cemas (banyak pikiran), kami menyarankan Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis penyakit dalam untuk dicari tahu sebab keluhan-keluhan Anda. Sangat penting untuk menyingkirkan penyakit jantung sebagai penyebab berdebar-debar. Bila perlu dilakukan pemeriksaan rekam jantung (elektrokardiografi).

Perlu diketahui bahwa merokok dan minum kopi bukanlah kebiasaan yang baik. Kami menyarankan Anda untuk stop merokok dan mengurangi minum kopi.Jumlah kafein yang berlebihan berkaitan dengan rasa berdebar-debar. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. Salam. 

0 Komentar

Belum ada komentar