Sukses

Mata Juling Pada Anak

15 May 2017, 01:30 WIB
Wanita, 25 tahun.

dok,saya punya anak usia 8 bulan,matanya sering lari sebelah pada saat melamun & melihat ke samping tapi kalau lagi main matanya normal aja,padahal waktu lahir sampai usia 5 bln matanya normal seperti biasa. .apakah itu ciri2 juling dok? apakah bisa sembuh normal seperti semula tanpa oprasi?

Terima kasih telah bertanya tentang mata juling pada anak melalu fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhwatiran yang Anda rasakan. Pada anak dengan penglihatan normal, kedua mata bekerja sama sinkron dalam memandang suatu objek, memandang pada satu titik sehingga akan timbul sebuah persepsi kedalaman akan objek tersebut. Namun pada anak dengan mata juling, kedua mata memandang ke dua titik yang berbeda. Bila satu mata memandang ke arah suatu objek, mata yang lain akan memandang ke arah luar, ke dalam, ke atas, atau ke arah bawah. Hal ini dapat disebabkan oleh adanya kelainan saraf mata, kelemahan otot penggerak mata, ataupun karena kelainan pembiasan cahaya.

Kondisi juling pada medis dikenal dengan istilah strabismus. Kondisi ini masih dapat ditangani jika di deteksi pada masa awal-awal pertumbuhan bayi hingga usia 8 tahun. Penanganan yang dilakukan dapat berbagai macam, dan sangat tergantung dari penyebab kondisi mata juling pada anak. Bila dikarenakan kelemahan otot penggerak bola mata, dapat dilakukan operasi untuk memperbaikinya. Bila dikarenakan kelainan pembiasan cahaya dapat digunakan kacamata untuk memperbaiki mata yang juling.

Segera periksakan ke dokter mata untuk mendapat penanganan yang tepat sebelum terlambat. Karena penanganan yang terlambat dapat menyebabkan hanya satu mata si anak yang akan berusaha menginterpretasikan objek yang dilihat, sedangkan mata yang lain berhenti bekerja sehingga akan timbul masalah baru berupa mata malas atau ambliopia.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga membantu.

Salam.

0 Komentar

Belum ada komentar