Sukses

Tangan Gemetaran

14 May 2017, 22:36 WIB
Pria, 22 tahun.

Selamat sore dok saya tenaga medis, lulusan tahun lalu saya belum bekerja, sejak saya lulus, karna saya punya masalah dengan rasa percaya diri saya, masalah saya nervous saya yang sangat berlebihan sampai jari2 saya tremor, saya grogi setiap ketemu dengan pasien, sampai tremor gimana cara mengatasi nya ya dok terimakasih.

Terima kasih telah bertanya tentang tangan gemetar melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Tubuh memiliki sistem saraf otonom, yang berfungsi sebagai sistem tubuh di luar kesadaran seperti pernafasan, jantung, pembuluh darah , kelenjar, dan lain-lain. Sistem saraf terbagi 2 yaitu simpatis dan parasimpatis, di mana keduanya bekerja berlawanan supaya saling menyeimbangkan. Pada beberapa orang terdapat gangguan keseimbangan kedua jenis persarafan tersebut, yang menimbulkan keluhan psikosomatis (keluhan fisik tanpa adanya gangguan pada fisik). Keluhan ini bersifat psikis yang bermanifestasi dalam kelainan fisik. Psikosomatis umumnya dicetuskan oleh stres emosional.
Gemetaran disebabkan karena persarafan otonom tersebut. Umumnya disebabkan karena faktor psikis atau dapat juga disebabkan setelah tangan mengangkat benda berat. Gemetar juga dapat disebabkan oleh banyak hal, termasuk gangguan saraf, gangguan elektrolit, gangguan kadar gula, gangguan hormon atau kelelahan otot biasa.

Untuk sementara ada beberapa tindakan yang dapat Anda lakukan seperti kurangi minum kopi, tidak mengkonsumsi alkohol, perbanyak istirahatkan tangan biila sudah tremor, dan mengkonsumsi vitamin untuk saraf seperti vitamin B 12, B 6.

Jika keluhan sangat menganggu kami sarankan Anda untuk melakukan konsultasi dengan dokter spesialis penyakit saraf, agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik secara menyeluruh dan mendapatkan terapi yang optimal.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang tangan gemetar. Semoga bermanfaat.

Salam

0 Komentar

Belum ada komentar