Sukses

Hamil Setelah Keguguran

14 May 2017, 15:58 WIB
Pria, 17 tahun.

Asalamualaikum dok ,nama saya mawar , umur saya 17 thn tapi sy sudah menikah dan 2 bln yg lalu saya keguguran usiab 4 bln ,skarang sy ingin skali cpet2 hamil lagi ,pertanyaan sy boleh g sih dok jarak 3 bln sy hamil lagi .,?? Trimakasih dok

Terima kasih telah bertanya tentang kemungkinan hamil setelah keguguran melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Beberapa hal yang masih perlu diketahui terkait keluhan Anda adalah kapankah keguguran terjadi? Apakah setelah diberi obat dokter telah memeriksa Anda dan rahim Anda dinyatakan bebas dari jaringan konsepsi? Sejak kapan demam Anda rasakan? Adakah keluhan lain seperi menggigil, buang air kecil terasa panas, berpasir, dsb?

Umumnya seorang perempuan akan mulai berovulasi dan menstruasi 2 - 3 minggu setelah tindakan kuretase, sehingga sebetulnya dapat segera hamil (tidak ada hubungan tindakan kuretase dengan kesuburan).

Sekitar 10-15% dari kehamilan akan mengalami keguguran oleh berbagai sebab. Sebab yang paling sering (sekitar 60%) adalah adanya kelainan kromosom berat pada embrio (atau janin) sehingga embrio tersebut tidak dapat berkembang normal dan akhirnya akan gugur. Faktor ini tidak ada tindakan pencegahannya.

Siklus haid terkadang suka terlambat atau maju 3-7 hari pasca keguguran karena lamanya siklus haid memang dapat berbeda-beda dan hal ini dipengaruhi oleh sistem hormon di dalam tubuh. Normalnya siklus haid seorang wanita berlangsung setiap 21-35 hari selama 3-7 hari dengan jumlah perdarahan yang keluar berkisar antara 20-60 ml/hari.

Keguguran dan prosedur seperti kuretase memiliki risiko menyebabkan infeksi, maka dari itu dokter memberikan antibiotik untuk mencegah atau mengobati infeksi. Apakah seain buang air kecil Anda mengalami nyeri perut? Dimana lokasi pasti nyeri perut dan bagaimana gambaran rasa sakitnya? Adakah keluar cairan dari vagina selain keputihan biasanya?

Sulit untuk menentukan diagnosis kondisi kesehatan Anda saat ini dengan informasi yang terbatas. Dan diperlukan pemeriksaan fisik dan juga pemeriksaan penunjang yang diperlukan untuk menentukan diagnosis Anda. Oleh sebab itu, jika keluhan tersebut semakin mengganggu, kami sarankan Anda mengunjungi dokter agar dapat memperoleh penanganan yang sesuai dengan penyebab.

Demikian informasi yang dapat kami berikan terkait kehamilan setelah keguguran. Semoga  bermanfaat. Salam. 

0 Komentar

Belum ada komentar