Sukses

Pola Hidup Seimbang

14 May 2017, 20:59 WIB
Wanita, 20 tahun.

Dok saya mau tanya, pola hidup yang seprti apa yang perlu d terapkan agar hormon dalam tubuh kita seimbang?

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih atas kepercayaan anda berkonsultasi di klikdokter.com

Untuk mendapatkan keseimbangan hormon dan sistem di dlam tubuh kami sarankan Anda cukup berisitirahat, makan makanan dengan gizi seimbang dan mencoba mengurangi stress. Untuk mendapatkan kondisi yang sehat dan fit, Anda perlu untuk menjalankan pola hidup sehat dengan:

Makan teratur (3x/hari)
Istirahat cukup (tidur dan bangun teratur, tidak bergadang)
Olahraga (3-4x/minggu, @30 menit)
Tidak merokok
Bila memiliki maag maka kurangi makan pedas, asam, dan kopi
Jalani hidup dengan santai dan hindari stres
Kunjungi juga artikel kami yang berjudul Pola Hidup Sehat dan Tidur Sehat, Tidur Berkualitas.

Pada prinsipnya yang dapat menurunkan berat badan adalah dengan mengurangi pemasukan kalori (makanan dan minuman) dan meningkatkan pengeluaran kalori (olahraga / meningkatkan aktivitas) dan komitmen yang tinggi untuk melaksanakannya.

Anda dapat melakukan kombinasi olah raga dengan pola makan gizi seimbang. Olah raga yang dapat diterapkan adalah yang bersifat aerobik seperti lari, renang, bersepeda ataupun yang bersifat pembentukan seperti plank, push up, dan latihan beban. Jika Anda melakukannya secara teratur selama 30-60 menit, minimal 3x/minggu, ditunjang dengan pola makan seimbang, tentunya akan ada perubahan pada berat tubuh Anda. Intinya adalah kedisiplinan yang tinggi. Anda dapat melakukan squatting untuk mengecilkan paha bagian dalam dan mengencangkan bokong Anda.

Hilangkan keinginan untuk menurunkan berat badan dalam waktu singkat, karena penurunan berat badan yang terlalu cepat dapat berpotensi menyebabkan gangguan kesehatan. Penurunan berat badan yang wajar adalah sekitar 0,5 kg/minggu atau 2-2,5 kg/bulan.

Untuk diet, yang harus Anda lakukan adalah mengurangi jumlah kalori dalam sehari. Yang sudah Anda lakukan adalah tanpa mengkonsumsi nasi, namun apakah unsur karbohidrat nya telah terpenuhi dari makanan pengganti nasi? sebaiknya tetap usahakan setiap kali Anda makan ada unsur kabohidrat (roti gandum, kentang), hindari makanan gorengan, minuman dan makanan yang terlalu manis, garam, konsumsi banyak air putih, perbanyak lauk dengan ikan, perbanyak sayur dan buah, hindari makanan dari kaleng atau fast food (sosis, kentang goreng, nugget), hindari jajanan manis (bila lapar, dapat pilih snack berupa buah atau sayur yang manis). Coba lah agar makan pagi Anda selalu disertai oleh buah yang manis, jadi Anda dapat menahan lapar hingga siang. Untuk malam hari hindari makanan yang terlalu besar porsinya.

 

Semoga jawaban kami dapat menjawab pertanyaan Anda.
Hormat kami, RF

0 Komentar

Belum ada komentar