Sukses

Gejala Penyakit Maag

14 May 2017, 20:58 WIB
Pria, 20 tahun.

Beberapa hari ini saya selalu mual jika makan dan terkadang sampai muntah. Saya pribadi menduga mungkin ada masalah dengan lambung saya, karena saya punya maag yang terkadang muncul jika tidak makan diwaktu yang seharusnya. Jika sarapan atau makan siang telat akan ada rasa begah di perut yang kemudian diikuti dengan sering kentut dan sendawa, kadang hanya seperti itu kadang juga hingga perut perih dan ditusuk. Namun akhir akhir ini sudah jarang sakit maag. 3 hari yang lalu saya terlambat makan siang, sore hari baru makan siang, esok harinya saya sarapan kemudian mual dan muntah, pun saat makan siang, hal ini berlanjut hingga hari ini. Tapi tidak ada perasaan kembung, tidak kentut, dan hanya sedikit sendawa. Yang ingin saya tanyakan apakah benar ini ada masalah dengan lambung saya ? kalau iya kenapa gejala yang saya dapat dari makan yang tidak teratur ini berbeda dari biasanya ?. Gejala yang saya alami hanya mual dan muntah serta sedikit pusing, tidak ada keluhan lain. Tambahan Saya sedang menjalani diet, namun tidak ketat. Saya masih makan secara teratur 2-3 kali. Porsi juga tidak berkurang drastis, untuk sarapan terkadang saya makan oatmeal/sandwich isi telur dengan roti gandum untuk makan siang pecel dengan banyak sayur, tahu rebus dan roti gandum/ubi rebus , kadang sandwich juga, kadang makan nasi/ mie dengan lauk dan sayur seperti biasa, malamnya saya makan buah cukup banyak. Intinya saya tidak diet dengan melaparkan diri, hanya saja terkadang jika sedang malas keluar membeli makanan ataupun malas memasak saya akan terlambat makan seperti yang saya ceritakan. terima kasih

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih atas kepercayaan anda berkonsultasi di klikdokter.com

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Maag atau di dalam dunia kedokteran disebut dengan gastritis, yaitu peradangan yang terjadi pada lambung akibat pengeluaran asam lambung yang berlebih. Umumnya maag akan menimbulkan gejala nyeri ulu hati, mual, kembung, dan muntah, bahkan pusing. Apabila keluhan menjadi nyeri dada, dada terasa panas, dan mulut terasa pahit/asam, maka mungkin saja itu bukan maag namun penyakit Refluks Gastroesofageal yang terjadi akibat naiknya cairan lambung ke kerongkongan. Hal ini disebabkan klep antara lambung dan kerongkongan tidak berfungsi dengan baik. Jika penyakit maag sudah bertambah parah, keluhan ini dapat terjadi lebih sering dan bahkan di waktu makan biasa. Kondisi stres atau cemas dapat menyebabkan kenaikan produksi asam lambung dimana hal ini tentu saja dapat menambah keluhan dari maag atau GERD yang dirasa.

Untuk mengatasi maag yang Anda dapat lakukan adalah :

1. Hindari makanan pedas, terlalu asam dan yang mengandung gas (kol, sawi, minuman bersoda)
2. Hindari dahulu konsumsi kopi atau teh.
3. Makan sedikit-sedikit namun sering (porsi kecil dan sering) bisa hingga 5x dalam sehari
4. Jangan terlambat makan (bawa bekal bila memang sulit untuk makan saat kerja)
5. Usahakan dalam diet makanan yang sehat, banyak sayur dan buah, serta karbohidrat, lemak yang sehat (hindari makanan siap saji dan daging olahan seperti sosis, chicken nugget, hot dog)
6. Coba hindari stres, coba alihkan ke kegiatan lain bila stres memang sangat menggangu.

 

Berkonsultasilah ke dokter jika dengan tips di atas gejala yang anda alami masih mengganggu aktivitas anda.

Semoga jawaban kami dapat menjawab pertanyaan Anda.
Hormat kami, RF

0 Komentar

Belum ada komentar