Sukses

Pertanyaan - #158549

14 May 2017, 18:58 WIB
Pria, 47 tahun.

saya mau bertanya masalah kanker residitif ( kanker yang tumbuh lagi ) 5 tahun yang lalu setelah istri saya di operasi payu dara sebelah kiri , 1 tahun belakangan ini ditemukan benjolan di atas bekas operasi saat ini saya sdh ke dokter mitra keluarga bekasi barat dan disarankan untuk di operasi lagi , saya coba ke dokter lain di BSD dokter PAULUS , beliau menyarankan agar jangan di operasi , karena akan cepat menyebar . karena istri saya tidak mau di operasi lagi , sampai sekarnang kami berobat ke dokter Paulus. Obat yang di berikan dr Paulus adalah obat2 herbal , yang setiap hari diminum oleh istri saya . Yang mau saya tanyakan kenapa benjolan yang awalnya hanya kecil sekarang tambah besar ? rasa nyeri di benjolan tersebut ... Adakah cara untuk mengecilkan atau menghilangakan benjolan tersebut selain operasi ? Mohon saran dan petunjuknya dokter ... terima kasih

Terima kasih telah bertanya seputar kanker dan obat herbal menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

Pengobatan herbal apakah yang Anda maksud? Sayang sekali Anda tidak menyebutkan kandungan obat yang Anda maksud. Anda perlu berhati-hati mengenai obat-obatan herbal tersebut, apakah benar dokter yang memberikan atau "mengaku" dokter.

Perlu diingat pada prinsipnya setiap pengobatan yang diberikan harus dibuktikan melalui proses uji klinis. Kedokteran berdasarkan bukti (evidence-based medicine) ini dilakukan dengan tujuan untuk memberikan cara kerja yang efektif dengan menggunakan metode ilmiah serta informasi sains global yang modern.

Bagaimanapun, pengobatan tersebut sebaiknya diberikan setelah melalui pertimbangan-pertimbangan mengenai data pasien dan hasil pemeriksaan fisis yang memadai, mengingat fungsi tubuh yang berbeda setiap individu.Sebenarnya prinsip obat tradisional tidak jauh berbeda dengan obat modern. Apabila tidak digunakan secara tepat juga dapat mendatangkan efek buruk, sehingga tidak benar pernyataan yang beredar di masyarakat bahwa obat tradisional sama sekali tidak memiliki efek samping. Dan perlu diketahui bahwa tidak semua herbal memiliki khasiat dan aman untuk dikonsumsi, sehingga kembali lagi kepada para konsumen agar lebih teliti dalam memilih obat tradisional yang digunakan.

Berdasarkan American Cancer Society, pada stadium I dan II pengobatan kuratif (penyembuhan) adalah operasi pengangkatan tumor, dalam hal ini adalah radikal mastektomi dengan atau tanpa radiasi dan kemoterapi. Yang dimaksud dengan radikal mastektomi adalah pengangkatan seluruh payudara yang terlibat tumor tersebut beserta dengan kelenjar getah bening yang terkena.

Selain radikal mastektomi terdapat pilihan operasi lainnya seperti lumpektomi yaitu operasi yang hanya mengangkat tumor saja dengan mempertahankan payudara. Lumpektomi dapat dilakukan pada stadium I, namun pada stadium II operasi lumpetomi mengandung risiko kekambuhan kembali di kemudian hari karena tidak seluruh payudara diangkat dan dikhawatirkan terdapat sel kanker ukuran mikro yang tidak terangkat dan tumbuh serta menyebar kembali.

Sebaiknya memang jangan menunda-nunda penatalaksanaan kanker payudara ini karena penyebarannya sangat cepat. Apabila ditunda (contohnya anda menolak dan berobat ke alternatif), kebanyakan kasus yang kami dapat adalah pasien akan kembali lagi ke dokter namun dengan kanker payudara yang sudah menyebar dan tidak dapat lagi diterapi. Terapilah sedini mungkin kanker payudara ini untuk meningkatkan harapan hidup dan kualitas hidup.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar