Sukses

Solusi Mata Minus

14 May 2017, 15:58 WIB
Wanita, 17 tahun.

Selamat siang saya mau tanyak . Saya ingin jadi dokter gigi akan tetapi saya mempunyai kelaianan di mata yaitu minus yg tinggi . Apakah saya bisa masuk dokter gigi dengan keadaan saya saat ini terimakasi

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter di KlikDokter.com.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Izinkan kami menjelaskan tentang mata minus terlebih dahulu. Mata minus selain dipengaruhi oleh faktor genetik bentuk bola mata juga dipengaruhi oleh faktor lingkungan. Jika faktor lingkungan bukan penyebab mata minus Anda, kemungkinan besar faktor yang memperngaruhi keluhan Anda saat ini merupakan faktor genetik. Kecepatan terjadinya minus juga dipengaruhi oleh kebiasaan sehari-hari.

Mata minus (miopia) dapat terjadi di salah satu mata atau keduanya. Koreksi mata miopia dengan memakai lensa minus/negatif ukuran teringan yang sesuai untuk mengurangi kekuatan daya pembiasan di dalam mata. Biasanya pengobatan dengan kaca mata dan lensa kontak. Pemakaian bahan alami biasanya digunakan untuk mencegah penambahan minus, seperti makan makanan yang banyak mengandung vitamin A, sebaiknya pasien juga menjalani gaya hidup sehat bagi mata, seperti mengatur jarak baca 40 - 45 cm dengan cahaya yang cukup, mengistirahatkan mata setiap kali melakukan kegiatan membaca buku atau menggunakan komputer.

Minus yang Anda miliki tersebut memang tergolong tinggi, dan perbedaan antara mata kanan dan kiri cukup besar. Hal ini disebut juga dengan ambliopia. Untuk mengurangi minus dapat dilakukan tindakan pembedahan pada kornea mata, yaitu dengan keratotomi radial, keratotomi fotorefraktif, atau Laser Asissted In situ Interlamelar Keratomilieusis (LASIK). Tindakan operasi merupakan tindakan yang paling efektif dalam mengatasi mata minus. Pada kasus dengan minus yang cukup tinggi seperti Anda, dokter juga dapat mengganti lensa atau memberikan lensa tambahan pada mata Anda melalui tindakan operasi untuk membantu mengurangi minus Anda.

Kami sarankan agar Anda berkonsultasi kepada dokter spesialis mata untuk tatalaksana lebih lanjut.

Untuk informasi lengkap Anda, kami sertakan artikel mengenai:

9 Tips Menjaga Mata Agar Tetap Sehat

Tips Agar Mata Tetap Fresh

 

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar