Sukses

Pemasangan Pen pada Patah Tulang
14 May 2017, 13:11 WIB
Pria, 28 tahun.

Dok saya abis operasi, dan ada pemasangan,pen luar pada tulang kering kaki saya, berapa lama harus di buka? Karena tempurung lutut saya geser kesakitan

Terima kasih telah bertanya tentang pengangkatan pen menggunakan layanan Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami mengerti rasa khawatir yang Anda rasakan. Penggunaan pen pada suatu tindakan operasi ditujukan untuk mempertahankan posisi tulang pada posisi yang seharusnya(anatomis) hingga terbentuk proses pembentukan tulang saat penyembuhan. Pada bidang orthopedi, terdapat berbagai jenis dan ukuran pen yang penggunaannya disesuaikan dengan jenis tulang yang mengalami gangguan.

Mengenai waktu penggunaan pen ini disesuaikan dengan jenis pen, kemajuan proses penyembuhan/penyambungan tulang, usia, jenis kelamin, riwayat penyakit yang dimiliki dan beberapa faktor lainnya. Bahan yang digunakan sebagai pen adalah stainless dan titanium. Bahan titanium lebih banyak disukai karena kemungkinan reaksi penolakan yang lebih kecil, lebih ringan dan kuat. Umumnya, penggunaan pen yang berbahan stainless dilepas setelah tulang menyambung kembali dengan rata-rata waktu 1 hingga 2 tahun. Namun rentang waktu ini dapat bervariasi pada tiap orang dan kasus yang berbeda.

Proses penyembuhan tulang dapat dibantu dengan asupan nutrisi yang tepat dengan makanan bergizi secara seimbang yang mengandung karbohodrta, lemak, protein, mineral yang cukup untuk membentuk kembali jaringan yang rusak. Penambahan suplemen kalsium, vitamin D dan vitamin C secukupnya juga diperlukan. Kalsium berperan dalam pembentukan tulang, vitamin D membantu penyerapan kalsium secara maksimal, sedangkan Vitamin C membantu produksi kolagen yang dibutuhkan untuk proses penyembuhan tulang. selain itu, sebaiknya hindari aktifitas atau gerakan yang memberikan beban terhadap tulang yang patah.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar