Sukses

Kulit Berjerawat, Berminyak, dan Berpori Besar

14 May 2017, 12:16 WIB
Wanita, 16 tahun.

Siang dok, saya mau konsultasi nih tentang wajah saya, sejak SD wajah saya masih normal² saja tetapi ketika SMP wajah saya lebih banyak jerawat, berminyak, dan berpori pori besar. Saya sudah banyak coba pakai cream dan masker tapi hingga kini belom ada perubahan. Menurut dokter cream dan bedak merk apa yang cocok untuk wajah saya?. Tolong di jawab ya dok, atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

Terima kasih telah bertanya seputar kulit berminyak, berjerawat, dan pori-pori besar menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

Pori-pori kulit merupakan saluran keluar dari kelenjar minyak (sebum). Pori-pori yang besar akan mudah tertutup oleh keringat, minyak, kulit-kulit mati, debu, dll, sehingga saluran kelenjar keringat kulit menjadi tersumbat dan meradang. Kulit berminyak dihasilkan oleh kelenjar sebasea yang berlebihan.

Penyebab kulit berminyak antara lain:

  • Genetik.
  • Faktor cuaca
  • Terlalu banyak menggunakan produk kecantikan
  • Faktor hormon
  • Kehamilan
  • Diet
  • Menggunakan produk kecantikan yang salah
  • Obat-obatan yang mengandung hormon seperti kontrasepsi

Pada wajah berminyak mudah sekali timbul komedo dan jerawat, oleh karena itu kami sarankan Anda harus rajin untuk membersihkan wajah terutama pada waktu mau tidur, dianjurkan bersihkan wajah 2 kali sehari. Hindari makan makanan yang berlemak dan pedas, perbanyak makan makanan yang mengandung vit A.

Jika keluhan semakin dirasakan mengganggu, kami sarankan Anda melakukan konsultasi langsung dengan dokter spesialis kulit dan kelamin agar mendapatkan hasil yang optimal.

Pori-pori kulit merupakan saluran keluar dari kelenjar minyak (sebum). Pori-pori yang besar akan mudah tertutup oleh keringat, minyak, kulit-kulit mati, debu, dll, sehingga saluran kelenjar keringat kulit menjadi tersumbat dan meradang. Anda juga perlu membersihkan wajah secara rutin 2 kali sehari agar menghindari pembentukan komedo.

Komedo timbul akibat tersumbatnya kelenjar minyak (sebaceus gland), sehingga minyak yang dihasilkan (sebum) tidak dapat dialirkan keluar dan terbentuklah komedo. Sumbatan ini dapat terjadi akibat penumpukan sel kulit mati, akibat produksi minyak yang berlebih, atau akibat penggunaan kosmetik. Karena itu, cara paling tepat untuk menghilangkan komedo adalah dengan melakukan facial (ekstraksi komedo) secara teratur setiap 2 minggu-4 minggu sekali. Kami sarankan agar anda melakukan facial (ekstraksi komedo) di dokter spesialis kulit atau di klinik kecantikan kuit yang disupervisi oleh dokter terlatih.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar