Sukses

Dampak Operasi Amandel

14 May 2017, 09:55 WIB
Pria, 21 tahun.

dr, sy menderita pnyakit amandel yg sudah parah, sehingga dokter menyarankan sy utk di operasi karena kelenjar getah bening sdh membesar. apa dampak dan resikonya jika operasi amandel? lalu stelah operasi apakah kelenjar getah bening akan kembali normal (mengecil)? dan ada org yg menyarankan sy utk minum urine utk pengobatan, bgmn dgn hal itu? makasih dr.

Terima kasih telah mengajukan pertanyaan mengenai dampak operasi amandel melalui fitur Tanya Dokter. 

Istilah amandel sebenarnya bukanlah suatu penyakit, melainkan sebutan lain dari tonsil yang merupakan jaringan limfatik yang terletak pada kedua sisi tenggorok, diatas dan di belakang lidah. Semua manusia memiliki amandel dalam rongga mulutnya. Jika terdapat infeksi di dalam tubuh,khususnya pada daerah mulut, maka tonsil yang merupakan bagian dari sistem imun akan membantu memerangi dengan bekerja lebih keras sehingga dapat terjadi pembesaran maupun peradangan tonsil yang disebut dengan tonsillitis, yang kemudian dikenal dan disebut orang amandel.

Bila, tonsillitis ini terjadi berulangkali, atau tidak membaik dengan pengobatan serta mengganggu aktivitas sehari-hari, maka operasi pengangkatan tonsil/tonsilektomi adalah pilihan yang tepat. Apabila pada keadaan demikian tidak dilakukan tonsilektomi, maka dapat terjadi komplikasi ke daerah sekitarnya- infeksi hidung, sinus, telinga; dan komplikasi jauh seperti infeksi pada jantung, ginjal, mata, sendi maupun kulit.

Setiap adanya tindakan operasi yang dilakukan di dunia medis tentu akan memiliki efek samping atau resiko yang ditimbulkan walaupun sedikit. Tonsilektomi ini, memiliki beberapa efek samping yang bisa ditimbulkan, seperti :

1. Sakit di pangkal tenggorokan

2. Pendarahan pasca operasi

3. Infeksi di area luka operasi

5. Sakit di bagian telinga

 

Setelah dilakukan tindakan tonsilektomi maka tidak terjadi pembengkakan amandel lagi di dalam tenggorokan. Untuk dapat memastikan kembali tindakan pengobatan yang tepat sesuai dengan keluhan Anda saat ini , kami sarankan Anda untuk melakukan konsultasi kembali dengan dokter THT. Sedangkan pengobatan amandel dengan urine sampai saat ini belum ada penelitian medis yang mendukung pendapat tersebut.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai dampak operasi amandel. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar