Sukses

Muntah Darah

12 May 2017, 19:00 WIB
Wanita, 21 tahun.

selamat malam dok.saya mau tanya,kemarin saya mutah darah banyak .yang pertama darau segar yang kedua darah item ada gumpalan,emang dr dulu saya punya riwayat lambung.berat badan saya juga turun banyak,sering mutah jika makan.apa itu ada hubungannya sama lambung dok?terimakasih

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terimakasih telah bertanya tentang muntah darah melalui fitur Tanya Dokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluarga.

Muntah darah dalam istilah medis dinamakan hematemesis. Keluhan muntah darah yang paling sering terjadi diakibatkan adanya gangguan di saluran pencernaan. Darah yang keluar dapat berwarna merah segar atau kehitaman seperti aspal. Kedua hal tersebut dapat membedakan berasal dari manakah darah yang keluar. Penyebab Hematemesis bisa berasal dari :

Perlukaan di saluran pencernaan
Kelainan koagulasi (pembekuan darah)
Pengobatan yang mengiritasi saluran pencernaan
Varises esofagus
Darah dari epitaksis (perdarahan melalui hidung / mimisan)
Erosi orofaring yang tertelan juga bisa menyebabkan muntah darah.
Tekanan, stress emosional
Pemakaian obat antiperadangan(anti-radang), antikoagulan(anti-pembekuan), atau alkohol.
Mengenai penggunaan kopi sampai saat ini belum ditemukan kasus muntah darah akibat kopi dan tidak ada riwayat penyakit lain yang mendasarinya. Lain hal nya jika pasien tersebut mempunya riwayat gastritis (maag), kopi bisa salah satu faktor pemicu yang bisa memperparah iritasi pada lambung yang bisa berakibat perdarahan lambung dan muncul muntah darah.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang muntah darah. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar