Sukses

Mengobati Tinea Kruris

12 May 2017, 11:47 WIB
Wanita, 17 tahun.

Assalamualikum. Saya mau bertanya, kemarin saya sempat terserang jamur tinea kruris di daerah selangkangan setelah menggunakan salep anti jamur sembuh tapi sudah 3 hari ini muncul kembali tapi lebih melebar dan merah. Awalnya tidak terasa gatal namun lama kelamaan mulai terasa gatalnya dan sangat mengganggu. Bagaimana tanggapan dokter, dan apa saran untuk penyembuhannya ??? Trims.

Terima kasih telah bertanya tentang pengobatan tinea kruris melalui fitur Tanya Dokter.

Tinea kruris adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur pada daerah genitokrural (selangkangan), sekitar anus, bokong, dan kadang-kadang sampai perut bagian bawah. Jamur dermatofita yang sering ditemukan pada kasus tinea kruris adalah, E.Floccosum, T. Rubrum, dan T. Mentagrophytes.

Terapi yang dilakukan adalah terapi nonmedikamentosa dan medikamentosa. Nonmedikamentosa dalam hal ini adalah menghilangkan faktor pencetus diantaranya adalah menjaga kebersihan daerah inguinal (selangkangan). Mengeringkan daerah sekitar kemaluan setiap kali BAB dan BAK, memakai pakaian dalam dengan bahan katun atau bahan yang menyerap keringat, dan jangan memakai celana panjang yang terlalu ketat atau berbahan kulit. Selama faktor pencetus masih ada maka kemungkinan jamur kembali lagi masih besar.

Medikamentosa yang digunakan adalah obat antijamur, dapat berupa salep (bila lesi jamur tidak terlalu lebar) atau obat minum. Salep antijamur (ketokonazol, mikonazol) digunakan sekurang-kurangnya 2 minggu setelah lesi menyembuh. Pengobatan dengan obat yang diminum diperlukan jika lesi luas atau gagal dengan pengobatan topikal.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan terkait pengobatan tinea kruris. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar