Sukses

Hamil Lagi setelah Caesar

11 May 2017, 20:50 WIB
Wanita, 26 tahun.

Good day dok, Dok, saya mau tanya... Skrng saya sedang hamil kedua, pas umur anak pertama saya 6bln... proses melahirkan pertama saya sc, yg jadi pertanyaan saya... 1. Amankah kehamilan kedua saya? 2. Apa saja yg harus lakukan dan tidak boleh saya lakukan... Info tambahan, ASI saya sudah kering semenjak umur anak saya beberapa... jadi anak saya ga ketemu ASI sama sekali... Sekian dan Terima kasih.

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terimakasih telah bertanya tentang Hamil Lagi setelah Caesar melalui fitur Tanya Dokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluarga.

Jarak antara operasi caesar dengan kehamilan berikutnya disarankan 18-24 bulan. Rentang waktu ini ditujukan agar luka bekas operasi pada rahim dan lapisan- lapisannya ke kulit dapat sembuh secara sempurna terlebih dahulu sebelum mempersiapkan diri untuk kehamilan berikutnya. Kehamilan yang berdekatan dengan operasi caesar sebelumnya dapat meningkatkan risiko robekan rahim. Akantetapi Anda tidak perlu khawatir, risiko ini dapat dihindari dengan kontrol yang baik selama kehamilan. Tetap pertahankan kehamilan dan jalani pola hidup yang sehat. Yang terpenting, lakukan pemeriksaan kehamilan secara teratur ke dokter spesialis kandungan agar kondisi ibu dan janin dapat dipantau dengan baik.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Hamil Lagi setelah Caesar. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar