Sukses

Bekas Vakum pada Kepala Bayi

11 May 2017, 19:08 WIB
Wanita, 22 tahun.

Mau tanya dok,, bulan lalu saya habis melahirkan normal tpi pake alat bantu vakum,, bekas vakum pada kepala bayi hilangnya berapa lama dok??? Kemarin bekasnya cuma benjolan sedikit tapi sekarang bekasnya melebar, itu kenapa ya dok? Trz bahaya gak dok? Mohon jawabanya dok.

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terimakasih telah bertanya tentang Bekas Vakum pada Kepala Bayi melalui fitur Tanya Dokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluarga.

Proses persalinan dengan bantuan alat vakum baru dilakukan apabila terdapat indikasi yang jelas, baik pada bayi (gawat janin), ibu (persalinan lama, penyakit tertentu, tekanan darah tinggi, dsb), maupun keduanya.

Risiko yang mungkin terjadi pada bayi adalah luka atau lecet di kulit kepala, yang umumnya sudah dapat diatasi dengan pemberian obat antiseptik. Selain itu, dapat terjadi perdarahan di antara tulang-tulang kepala berwarna merah kebiruan (cephal hematoma), yang umumnya akan menghilang sendiri setelah bayi berusia lebih kurang satu minggu. Di antara dampak yang mungkin terjadi, yang paling berbahaya adalah jika terjadi perdarahan di dalam otak (perdarahan intrakranial), namun hal ini jarang sekali terjadi.

Jadi kami menganjurkan agar Anda dapat memeriksakan anak Anda ke dokter spesialis anak untuk dicari penyebab dan penanganan yang tepat untuk kasus anak Anda. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Bekas Vakum pada Kepala Bayi. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar