Sukses

Mata gatal dan bengkak

11 May 2017, 18:34 WIB
Pria, 19 tahun.

Ketika mata sering terasa gatal dan saat dikucek terasa membengkak dan akhirnya mata terasa iritasi, apa penyebabnya ya? sering mengalami ini kemudian jika kepala sering sakit dan mudah mengantuk sejak pagi hingga sore meskipun dirasa waktu tidur sudah cukup saat malam, apa yang harus dilakukan?

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terimakasih telah bertanya tentang Mata gatal dan bengkak melalui fitur Tanya Dokter.

Sebelumnya kami perlu mengetahui apa penyebab mata gatal dan bengkak yang dialami Anda. Di mana letak keluhan tersebut? Di kelopak mata atau bola mata? Apakah juga disertai kemerahan? Apakah ada riwayat alergi sebelumnya? Apakah ada penurunan tajam penglihatan? Dan riwayat apa sebelumnya yang menyebabkan keluhan tersebut?

Perlu kami jelaskan terlebih dahulu bahwa mata gatal dan bengkak apalagi disertai kemerahan dapat disertai beberapa hal, yaitu:

Hordeolum dan kalazion (bintitan): ini biasanya disebabkan oleh peradangan baik oleh infeksi maupun non infeksi bakteri pada kelenjar minyak kelopak mata.
Selulitis: peradangan pada struktur sekitar bola mata, biasanya disebabkan infeksi bakteri.
Konjungtivitis: peradangan selaput bola mata. Bisa diakibatkan oleh alergi, infeksi bakteri atau virus.
Keratitis: peradangan kornea mata. Bisa disebabkan oleh infeksi bakteri dan jamur.
Hematom periorbita: adanya pengumpulan darah atau memar pada struktur sekitar bola mata. Biasanya setelah terbentur atau terjatuh.

Prinsip pengobatan mata yang gatal dan bengkak akibat peradangan adalah mengurangi peradangan. Cara yang bisa Anda lakukan di rumah adalah dengan melakukan kompres dingin pada mata yang terkena. Kompres dingin dilakukan dengan cara memasukkan es ke dalam kain/handuk kemudian letakkan kain/handuk tersebut pada bola mata yang bengkak selama lebih kurang 10-20 menit. Setelah itu bisa diulang 2 jam kemudian sampai bengkaknya berkurang. Bila keluhan tidak juga berkurang Anda dapat ke dokter umum atau dokter spesialis mata terdekat untuk dapat diperiksakan lebih lanjut dan diberikan obat bila diperlukan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Mata gatal dan bengkak. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar