Sukses

Keputihan Pada Anak

11 May 2017, 12:24 WIB
Wanita, 10 tahun.

Assalamualaikum dokter saya mau tanya anak saya berusia 10 thn dia sudah keputihan berwarna putih susu dan bentol di vagina samping kanan kurang lebih 6 blnnan saja apakah itu berbahaya dok dan bagaimana cara mengobatinya saya mohon informasinya dok sebelumnya terima kasih banyak

Terima kasih telah bertanya tentang keputihan pada anak menggunakan Fitur Tanya Dokter.

Memang benar keputihan dapat terjadi pada siapa saja, termasuk pada balita, bahkan bayi. akan tetapi perlu dibedakan apakah keputihan yang dialami anak Anda adalah keputihan yang normal atau abnormal.

Keputihan adalah semua cairan yang keluar dari vagina selain darah. Keputihan dibedakan menjadi 2, yaitu keputihan fisiologis atau normal dan keputihan patologis atau penyakit. Keputihan yang normal adalah yang berwarna being atau putih dan tidak berbau.

Keputihan pada anak dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti:

1. Peradangan pada vulva (bagian luar vagina)
2. Cebok yang tidak bersih
3. Duduk dan jongkok sembarangan di lantai sehingga jamur dan bakteri masuk ke vagina
4. Menggaruk vagina dengan tangan kotor
5. Menahan buang air kecil sehingga air kencing menetes sedikit-sedikit yang membuat daerah itu rawan iritasi, lembap, dan gatal, dan daerah sekitar kemaluan yang lembab.

Sebaiknya Ibu segera berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis anak untuk dilakukan pemeriksaan langsung dan diberikan pengobatan yang sesuai dengan penyebab keputihan pada anak Ibu.

 

Demikian jawaban yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

 

0 Komentar

Belum ada komentar