Sukses

Mengatasi Bau Badan

11 May 2017, 12:46 WIB
Pria, 22 tahun.

Dok saya mw bertanya.kenapa ya dengan badan belakang saya kalo memakai baju badan belakang saya suka lembab dan panas.juga suka mengeluarkan bau apek.gmana cara bwat menghilangkan nya

Terima kasih telah bertanya tentang mengatasi bau badan melalui fitur Tanya Dokter.

Bagaimana dengan produksi keringat tubuh Anda? Bau badan juga dipengaruhi oleh produksi keringat maka biasanya sulit untuk dihilangkan seluruhnya, namun dapat dikontrol dan dikurangi.

Keringat yang telah keluar kemudian akan teroksidasi dan terfermentasi oleh bakteri di permukaan kulit. Proses fermentasi oleh bakteri inilah yang membuat keringat menjadi berbau setelah keluar dari tubuh. Pada beberapa orang yang memiliki kandungan lemak yang lebih banyak di dalam keringatnya, terutama pada mereka dengan kegemukan, keringat yang keluar akan memiliki bau yang lebih menyengat dibandingkan orang yang kandungan lemak keringatnya tidak terlalu banyak atau normal.

Selain itu, terdapat beberapa faktor lain yang menyebabkan timbulnya bau badan yang menyengat:

  • Banyaknya daerah-daerah lembab pada tubuh (seperti ketiak, lipatan paha, lipat payudara, atau perut yang posisinya tersembunyi). Keringat yang keluar di daerah lembap lebih sulit kering sehingga akan terbendung dan menyebabkan bau badan.
  • Iklim yang lembap atau panasnya ibukota juga dapat mengakibatkan keringat menjadi lebih berbau.
  • Aktivitas/kejadian yang memicu keluarnya keringat yang lebih banyak daripada normal.

Bau badan juga dapat dikontrol dengan mengendalikan faktor pencetusnya. Stres juga dapat menambah produksi keringat sehingga pengendalian pikiran juga termasuk hal yang sangat penting. Cobalah untuk menggunakan produk anti-perspiran pada malam hari. Hindari makanan-makanan dengan bau yang tajam.


Demikian informasi yang dapat kami sampaikan terkait penyebab bau badan. Semoga bermanfaat. Salam.

0 Komentar

Belum ada komentar