Sukses

Nyeri Hebat saat Haid

10 May 2017, 16:15 WIB
Wanita, 26 tahun.

Sejak kemarin pagi saya mengalami kolik (posisi kolik di antara pusar dan ulu hati) dengan kondisi sedang haid hari ke-4. Beberapa tahun lalu dengan kondisi yang sama persis, saya pergi ke dokter dan dianjurkan meminum painkiller ponstan, dan diperbolehkan untuk meminumnya setiap saya mengalami sakit perut haid. Sejak saat itu hingga kemarin saya masih mengikuti petunjuk dokter tsb dan biasanya kolik saya akan reda maksimal 4 jam setelah saya meminum ponstan. Namun kemarin kolik saya tidak kunjung sembuh setelah saya minum ponstan. Malah ditambah dengan buang air besar berupa cairan hingga barusan. Semalam sempat berhenti karena saya minum diapet. Kolik ini tidak selalu saya alami setiap haid, kira2 hanya sekitar 4 bulan sekali. Biasanya setiap saya haid selalu sakit perut namun tidak selalu kolik. Mengobatinya bagaimana ya dok? Dan apakah seharusnya ada makanan yg harus saya pantang selama haid? Terima kasih.

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terimakasih telah bertanya tentang Nyeri Hebat saat Haid melalui fitur Tanya Dokter.

Nyeri hebat seperti mau pingsann sewaktu haid disebut dismenore (dysmenorrhea). Nyeri ini terasa di perut bagian bawah. Nyeri dapat terasa sebelum, selama, dan sesudah haid. Dapat bersifat hilang timbul atau terus menerus. Nyeri ini diduga terjadi akibat adanya kontraksi rahim pada saat mengeluarkan darah haid. Sering kali rasa tidak nyaman di perut bawah dan mual disalah artikan sebagai dismenore, oleh karena itu istilah ini hanya digunakan jika terasa nyeri yang demikian hebat, hingga memaksa penderita untuk istirahat dan meninggalkan aktivitasnya untuk beberapa jam hingga beberapa hari.

Bagaimana dengan Anda? Apakah gejala yang Anda rasakan sesuai dengan keterangan diatas?

Bila ya, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk mengetahui kondisi dan solusi terkait masalah Anda karena ada kemungkinan gangguan pada organ kandungan.

Sementara itu, sebagai pertolongan pertama, Anda dapat mengompres perut dengan air hangat saat nyeri dan minum minuman hangat. Serta mengkonsumsi antinyeri, misalnya parasetamol, bila diperlukan. Tidak ada pantangan saat sedang menstruasi. Jagalah kebersihan daerah kemaluan dengan rajin mengganti pembalut untuk mencegah adanya infeksi pada vagina.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Nyeri Hebat saat Haid. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar