Sukses

Konsultasi Penggunaan Obat saat Menyusui

10 May 2017, 08:36 WIB
Wanita, 21 tahun.

Selamat sore Dok. Saya mau bertanya. Saya sudah sakit batuk pilek kurang lebih 1,5bulan. Sudah saya periksakan tapi belum sembuh juga. Dan sekarang saya mengalami bindeng pada telinga saya. Kadang terasa cenat cenut. Kadang tidak. Sy dianjurkan oleh apoteker membeli obat alphamol dexamethason sama amoxilin. Tetapi alphamol tidak ada . Saya cuma beli dexamethason sama amoxilin. Malam saya minum. Tetapi setelah itu saya kan masih menyusui anak saya usia 6bln. Setelah sy menyusuinya anak saya muntah Dok. Apa obat itu tidak dianjurkan untuk ibu menyusui? Apakah obat itu berpengaruh ke ASI Dok? Dan yang saya mau tanyakan. Apakah bisa bindeng di telinga saya diatasi dengan tetes telinga?

Terima kasih telah bertanya tentang penggunaan obat saat menyusui melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Keluhan Anda mengenai batuk, pilek dan telinga bindeng yang tak kunjung sembuh pasti sangat mengganggu Anda.

Memang saat sedang menyusui, tidak boleh sembarangan minum obat. Sebaiknya Anda berkonsultasi ke dokter mengenai keamanan obat tersebut ke bayi atau anak Anda ketika Anda menyusui.

Pada beberapa kasus, memang dapat ditemui anak diare pada ibu yang mengkonsumsi obat antibiotik amoxicillin. Namun, belum tentu penyebab dari diare anak Anda adalah obat tersebut. Sedangkan untuk obat dexamethasone ditemukan dapat menyebabkan penurunan produksi ASI.

Berikut sedikit penjelasan engenai batuk, pilek dan telinga bindeng Anda. Telinga dihubungkan dengan tenggorokan melalui sebuah saluran yang dinamakan tuba eustachius. Saluran ini berfungsi untuk menetralkan tekanan pada telinga tengah supaya sama dengan tekanan udara luar. 

Bila kita sedang flu, maka produksi lendir saluran napas kita akan meningkat. Meningkatnya produksi lendir ini dapat menyebabkan sumbatan pada saluran tuba tadi. Hal ini bila tidak ditangani dengan segera dapat memicu terjadinya infeksi telinga, serta menimbulkan keluhan lain seperti nyeri telinga, rasa penuh atau berdengung pada telinga (telinga bindeng).

Penumpukan lendir pada tuba merupakan tempat yang ideal bagi bakteri untuk berkembang biak. Penumpukan cairan tersebut akan mengganggu fungsi tuba untuk menyeimbangkan tekanan telinga tengah. Lama kelamaan tumpukan cairan tersebut akan meningkatkan tekanan di dalam telinga dan dapat merusak gendang telinga, hal ini akan menimbulkan nyeri hebat pada telinga Anda.

Cara untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan mengobati penyebabnya, dalam hal ini flu atau infeksi pada saluran pernapasan. Apabila gejala flu mereda, umumnya gejala pada telinga juga ikut mereda, kecuali bila infeksi saluran pernapasan tersebut tidak diobati dalam waktu lama dan sudah menyebabkan infeksi di telinga, maka diperlukan pengobatan yang berbeda untuk infeksi di telinga tersebut.

Kami menyarankan Anda untuk segera memeriksakan diri ke dokter umum atau dokter spesialis THT untuk mengobati flu dan telinga bindeng Anda.

Demikianlah jawaban yang dapat kami berikan mengenai penggunaan obat saat menyusui. Semoga bermanfaat. Salam sehat.

2 Komentar