Sukses

Dampak Negatif Setelah Membersihkan Karang Gigi

09 May 2017, 23:02 WIB
Pria, 23 tahun.

Assalamu'alaikum. Dok saya mau tanya, kalau membersihkan karang gigi adakah dampak negatifnya pada gigi setelah dibersihkan? Yang kedua apakah gigi yang berlubang bisa menjadi penyabab bau mulut?

Terimakasih telah bertanya tentang dampak negatif setelah membersihkan karang gigi melalui fitur Tanya Dokter.

Dampak negatif setelah membersihkan karang gigi pada gigi yang MEMANG sudah terdapat kerusakan pada gusinya, biasanya gigi akan terasa ngilu. Gigi yang ngilu setelah pembersihan karang gigi dapat disebabkan oleh adanya sebagian akar gigi yang sebelumnya tertutup karang gigi menjadi terbuka(karena karang gigi dihilangkan) dan sensitif setelah karang gigi dibersihkan.

Penyebab umum dari gigi sensitif adalah gusi yang resesi/turun, yaitu rusaknya perlekatan gusi ke permukaan gigi sehingga gusi menjadi turun (pada gigi bawah) atau naik (pada gigi atas). Akibatnya permukaan akar yang seharusnya tertutup gusi menjadi terekspos, padahal bagian akar gigi lebih sensitif karena tidak tertutup lapisan email seperti pada bagian mahkota. Gusi resesi dapat disebabkan karena cara sikat gigi yang salah, misalnya arah penyikatan gigi horizontal (seharusnya atas-bawah dengan sedikit memutar) apalagi dengan tekanan yang berlebihan, dengan menggunakan sikat gigi dengan bulu yang keras. Selain hal ini pola makan yang banyak mengandung asam juga dapat merusak permukaan gigi yang kemudian menyebabkan gigi menjadi sensitif.

Pada Gigi berlubang yang tidak dilakukan penambalan, maka lubang gigi biasanya berisi sisa makanan yang terjebak di dalamnya. Sisa makanan yang membusuk akan menyebabkan bau mulut pada rongga mulut selain itu dapat menyebabkan lubang gigi menjadi tambah dalam.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai dampak negatif setelah membersihkan karang gigi, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar