Sukses

Program Kehamilan dan Diabetes

09 May 2017, 20:56 WIB
Pria, 33 tahun.

Dok sy hml 18w.. Dok sy pny skt diabets.. Yg sy tny'kn apakah bahaya jk sy mlahirkan sc? Dok bgmn cr membaca hsl USG..? Mksh ats jwb'annx yaa dok

Terima kasih atas pertanyaan Anda tentang diabetes dan kehamilan menggunakan fitur tanya dokter dari Klikdokter.

Kami akan mencoba menjawab pertanyaan yang Anda berikan.

 

Program kehamilan dengan diabetes tidak berisiko tinggi namun memang seorang ibu hamil yang memiliki diabetes harus berhati-hati karena kemungkinan janinnya akan memiliki ukuran yang besar (4-5 kg) apabila diabetesnya tidak dikendalikan. Janin dengan berat badan berlebih dapat menimbulkan komplikasi dan kemungkinan besar harus dilahirkan dengan cara operasi caesar. Karena itulah pentingnya saat ini Anda dapat mengendalikan gula darah Anda di bawah pengawasan dokter.

Jarang sekali pada usia semuda Anda mengalami diabetes. Hal ini perlu diperhatikan karena diabetes adalah penyakit kronik (berlangsung dalam jangka waktu panjang) dan berkomplikasi ke berbagai organ (mata, jantung, ginjal) apabila tidak dikendalikan. Komplikasi ini pun bukan terjadi sekarang namun puluhan tahun ke depan.

Seperti yang kami katakan di atas bahwa diabetes pertama kali dikendalikan dengan diet dan olahraga. Apabila gula darah tidak terkendali dengan diet dan olahraga maka seharusnya menggunakan obat atau insulin.

Kondisi gula darah Anda yang saat ini masih mencapai angka 400 bukan merupakan pertanda pengendalian gula darah yang baik. Mungkin saat ini Anda sudah harus menggunakan obat karena dengan diet saja gula darah Anda tidak terkendali. Anda dapat membaca lebih lanjut mengenai diabetes, cara mengatasi, serta komplikasinya melalui rubrik kami di bawah ini :

http://diabetes.klikdokter.com/

Kami sarankan agar Anda berkonsultasi ke dokter spesialis penyakit dalam untuk mengendalikan diabetes yang Anda miliki.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar