Sukses

Membaca Hasil Papsmear

09 May 2017, 18:52 WIB
Wanita, 29 tahun.

Selamat pagi. Sy wanita berusia 29 th. Sy mau menanyakan hasil pap smear. Mikroskopis: sediaan apusan dominan sebaran padat sel sel proyek aquarius superfisial, sedikit sel parabasal. Tidak tampak sel endoservix dan squamus displasia. Diantara sel terdapat banyak spora jamur. Latar belakang sebaran sedang sel radang netrofil dan laktobasilus. Kesimpulan : klas 2 (tampak sel abnormal tapi tidak tersangka keganasan). Tidak tampak tanda displasia maupun keganasan. Infeksi jamur kandida albikan.

Terima kasih telah mengajukan pertanyaan mengenai hasil papsmear melalui fitur Tanya Dokter. 

Pap smear adalah skrining untuk mendeteksi dini kanker leher rahim dan penanganan lebih awal serta adekuat. Klasifikasi hasil pap smear dibagi menjadi 5 kelas, yaitu :

Kelas 1
Normal. Tidak membutuhkan terapi

Kelas 2
Atipikal (dapat disebabkan karena peradangan atau infeksi). Disarankan untuk mengulangi lagi pemeriksaan pap smear atau kolposkopi dalam jangka waktu 3-6 bulan

Kelas 3
Displasia atau pre-kanker, level rendah. Kolposkopi dibutuhkan untuk mendiagnosis penyebab

Kelas 4
Displasia Level TInggi atau CIC (carcinoma in- situ; kanker tapi tidak invasif). Membutuhkan kolposkopi dengan biopsi kerucut

Kelas 5
Kanker, invasif. Dibutuhkan kolposkopi dan terapi lanjutan

Pemeriksaan Anda termasuk di dalam kelas II dengan penjelasan di atas disarankan untuk mengulangi pemeriksaan pap smear 3 - 6 bulan selanjutnya. Silakan berkonsultasi kembali mengenai hasil pemeriksaan ke dokter kebidanan Anda.

Demikian informasi kami sampaikan mengenai hasil papsmear, semoga bermanfaat. 

 

 

0 Komentar

Belum ada komentar