Sukses

Sakit di Kepala Belakang

09 May 2017, 17:09 WIB
Wanita, 20 tahun.

Beberapa bulan terakhir yang saya belum bisa pastikan mulai kapan, saya selalu merasa sakit di kepala daerah belakang. Dan makin sering di pertengahan tahun 2016, masuk ke awal tahun 2017 sampai saat ini, sakit kepala terus makin jadi, bahkan seminggu terakhir siklusnya dari sore sampai malam, kalau tidak dikasih obat sakit kepala (saya pakai sestanol, kalau sakit kepala semakin berasa obat itu tidak mempan, jadi saya beralih ke bodrek/panadol) tapi keesokkan harinya di sore menjelang malam, seperti itu lagi. Kenapa ya dok? Thx

Terima kasih telah bertanya tentang sakit di kepala belakang melalui fitur Tanya Dokter

Mohon maaf atas keterlambatan kami menjawab konsultasi Anda. Bila Anda mengalami keluhan-keluhan sakit kepala seperti tertindih benda berat dan melibatkan otot-otot di belakang kepala hingga leher maka kemungkinan Anda mengalami TTH (Tension Type Headache/Sakit Kepala Tipe Tension). Sakit kepala tipe ini seringkali disertai dengan adanya rasa sakit/kaku di bagian leher, yang dapat juga menjalar hingga ke punggung, mata atau otot-otot lainnya di tubuh.

Beberapa faktor dapat menjadi pemicu timbulnya TTH, antara lain :

  • Stress : biasanya sakit kepala timbul di siang atau sore hari setelah stress bekerja atau ujian
  • Gangguan tidur
  • Posisi tubuh yang salah saat bekerja
  • Waktu makan yang tidak teratur
  • Kelelahan mata
  • Penghentian konsumsi kafein
  • dll

TTH dapat diatasi dengan istirahat, pemijatan bagian belakang kepala dan leher, serta minum obat penghilang rasa sakit jika tidak tahan, seperti paracetamol atau asam mefenamat yang dijual bebas. Namun, penggunaan obat-obatan tersebut tidak akan banyak membantu jika anda tidak menghindari faktor pencetus terjadinya TTH pada diri Anda. Untuk mencegah berulangnya kejadian TTH pada diri Anda, Anda juga perlu menghindari faktor-faktor pencetus TTH pada diri anda. 50% penderita TTH mengalami kekambuhan penyakitnya akibat dipicu oleh rasa lapar atau stress. Bagaimana dengan diri Anda? Jika Anda perhatikan, faktor apa saja yang menjadi pemicu keluhan Anda untuk timbul?

Dengan menghindari faktor pencetus TTH, diharapkan dapat membantu Anda dalam mengatasi rasa nyeri dan membantu Anda untuk menghindari kejadian berulangnya keluhan yang Anda rasakan.

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan terkait sakit di kepala belakang. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar