Sukses

Penanganan Rabies

09 May 2017, 13:03 WIB
Pria, 37 tahun.

Dok,kalo digigit anjing Lalu anjing tersebut mati sebelum 2 minggu apakah anjing tersebut terkena rabies dan berapa dosis vaksin rabies yang harus disuntikan ke anak usia 2 tahun 5 bukan dok..?? Dan vaksin apa namax untuk rabies.. Makasih untuk jawabanx dok..

Terima kasih telah bertanya mengenai Penanganan Rabies melalui fitur Tanya Dokter
Halo,

Rabies adalah penyakit infeksi tingkat akut pada susunan saraf pusat yang disebabkan oleh virus rabies. Penyakit ini bersifat zoonotik, yaitu dapat ditularkan dari hewan ke manusia. Virus rabies ditularkan ke manusia melalu gigitan hewan misalnya olehanjing, kucing, kera, rakun, dan kelelawar. Rabies disebut juga penyakit anjing gila.

Gejala rabies biasanya mulai timbul dalam waktu 30-50 hari setelah terinfeksi. Luka yang memiliki risiko tinggi meliputi infeksi pada mukosa, luka di atas daerah bahu (kepala, muka, leher), luka pada jari tangan atau kaki, luka padakelamin, luka yang lebar atau dalam, dan luka yang banyak.[9] Sedangkan luka dengan risiko rendah meliputi jilatan pada kulit yang luka, garukan atau lecet, serta luka kecil di sekitar tangan, badan, dan kaki.

Bila terinfeksi rabies, segera cari pertolongan medis. Rabies dapat diobati, namun harus dilakukan sedini mungkin sebelum menginfeksi otak dan menimbulkan gejala. Bila gejala mulai terlihat, tidak ada pengobatan untuk menyembuhkan penyakit ini.[14] Kematian biasanya terjadi beberapa hari setelah terjadinya gejala pertama.
Jika terjadi kasus gigitan oleh hewan yang diduga terinfeksi rabies atau berpotensi rabies (anjing, sigung, rakun, rubah, kelelawar) segera cuci luka dengan sabun atau pelarutlemak lain di bawah air mengalir selama 10-15 menit lalu beri antiseptik alkohol 70% atau betadin. Orang-orang yang belum diimunisasi selama 10 tahun terakhir akan diberikan suntikan tetanus. Orang-orang yang belum pernah mendapat vaksin rabies akan diberikan suntikan globulin imun rabies yang dikombinasikan dengan vaksin. Separuh dari dosisnya disuntikkan di tempat gigitan dan separuhnya disuntikan ke otot, biasanya di daerah pinggang. Dalam periode 28 hari diberikan 5 kali suntikan. Suntikan pertama untuk menentukan risiko adanya virus rabies akibat bekas gigitan. Sisa suntikan diberikan pada hari ke 3, 7, 14, dan 28. Kadang-kadang terjadi rasa sakit, kemerahan, bengkak, atau gatal pada tempat penyuntikan vaksin.

 

Untuk mengenali ada tidaknya virus rabies pertama kali biasanya kita mengobservasi anjing yang menggigit Anda. Jika dalam 10-14 hari tidak ada gejala rabies atau kematian yang disebabkan rabies pada anjing maka dinyatakan bahwa anjing tersebut tidak memiliki virus rabies dan otomatis tidak menularkan virus rabies pada Anda.

Gejala rabies pada hewan adalah :

Sangat agresif
Suka bersembunyi di tempat gelap
Ekor turun di belakang kedua kaki
Liur sangat banyak
Takut akan air dan cahaya
Sementara gejala rabies pada manusia adalah :

Perubahan pola sikap
Depresi
Takut air dan cahaya
Tidak bisa makan
Kejang
Agresif, gelisah.
Dll

Segerelah periksakan diri Anda atau anak Anda ke klinik atau Rumah Sakit terdekat

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai Penanganan Rabies. Semoga bermanfaat.

 

0 Komentar

Belum ada komentar