Sukses

Penanganan Kaligata/Biduran

08 May 2017, 21:46 WIB
Pria, 47 tahun.

Istri saya mengidap penyakit kaligata sejak 6 bulan terakhir dan kambuh setiap hari bahkan bisa 2 s/d 3 kali sehari. Ketika saya bawa ke dokter jawaban yang saya temukan hanya mungkin alergi, tapi sampai enam bulan ini alergi setiap saat sulit juga, apalagi kalau kondisi itu semakin hari semakin memburuk, sekarang sudah mulai merambah muka dan mata, mohon penjelasannya dok

Terima kasih telah bertanya seputar Urtikaria menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

Urtikaria ialah reaksi di kulit akibat bermacam-macam sebab, biasanya ditandai dengan edema (bengkak) setempat yang cepat timbul dan menghilang perlahan-lahan, berwarna pucat dan kemerahan, meninggi di permukaan kulit serta disertai keluhan gatal, rasa tersengat atau tertusuk. Di Indonesia, urtikaria dikenal dengan nama lain biduran atau kaligata.

Diduga penyebab urtikaria bermacam-macam, diantaranya:

  • Obat. Contohnya adalah antibiotik golongan penisilin, aspirin, obat-obatan hormonal, vaksinasi, pil kontrasepsi, dll.
  • Makanan. Contohnya adalah susu, keju, telur, gandum, ikan, ayam, dll. Zat pewarna, penyedap rasa atau bahan pengawet juga dapat menimbulkan urtikaria.
  • Lingkungan. Terpapar dengan debu rumah, jamur, perubahan temperatur, serbuk sari bunga, dll.
  • Stress. Pada urtikaria yang berulang, faktor emosional perlu diperhatikan. Stress emosional dapat secara langsung dan tidak langsung menyebabkan seseorang meningkat kemungkinan terjadi urtikaria.
  • Penyakit sistemik. Beberapa penyakit dan keganasan dapat menimbulkan urtikaria.
  • Beberapa penyakit sistemik yang sering disertai urtikaria antara lain limfoma, hipertiroid, Lupus Eritematosus Sistemik, dll.
  • Gigitan serangga. Gigitan serangga dapat menimbulkan urtikaria setempat.
  • Nyamuk, lebah dan serangga lainnya menimbulkan urtikaria bentuk papul di sekitar tempat gigitan,biasanya sembuh sendiri

Pengobatan yang paling ideal tentu saja mengobati penyebab atau bila mungkin menghindari penyebab yang dicurigai. Bila tidak mungkin paling tidak mencoba mengurangi penyebab tersebut, sedikit-dikitnya tidak menggunakan dan tidak berkontak dengan penyebabnya.

Kemungkinan kedua gejala yang Anda alami adalah dermatitis intertriginosa atau dermatitis atopi. Dermatitis adalah peradangan pada kulit. Dermatitis umum terjadi apabila terdapat gesekan yang terus menerus terjadi, terutama pada daerah lipatan. Intertriginosa adalah dermatitis yang terjadi pada daerah selangkangan dan gejala akan lebih mengganggu dengan udara yang panas dan lembab.

Gejala adalah kombinasi dari erosi, fisura, dan eksudasi, dan area yang terkena akan mudah terinfeksi oleh jamur kandida. Dermatitis atopi sendiri juga merupakan peradangan pada kulit yang umumnya disebabkan karena reaksi alergi. Dermatitis atopik ini penyebabnya adalah multifaktorial, termasuk di antaranya faktor genetik, emosi, trauma, keringat, dan faktor imunologis

Untuk mengetahui secara pasti bahan-bahan penyebab alergi pada Istri anda, perlu dilakukan tes alergi yang disebut juga skin prick test atau patch test. Pemeriksaan ini dapat dilakukan oleh dokter spesialis kulit dan kelamin.

Untuk menangani masalah ini Anda dapat menggunakan obat minum golongan antihistamin seperti CTM, loratadin, dan cetirizine ketika gejala muncul. Selain itu menghindari pencetus yang telah disebutkan di atas penting sebagai usaha pencegahan menghindari pencetus. Kondisi ini dapat memberat apabila disertai dengan pembengkakan di dalam saluran pernapasan yang menyebabkan gangguan pernapasan yang dapat membahayakan nyawa. Anda dapat berkonsultasi lebih lanjut ke dokter umum atau spesialis kulit dan kelamin. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar