Sukses

Belum Haid setelah Nifas

08 May 2017, 15:15 WIB
Pria, 23 tahun.

Dokter saya mau tanya,, saya punya keluhana saat melahirkan pasti ada masa nifas kan,, saya juga melewati itu tpi selah masa infas itu apakah bisa langsung mestruasi,, soalx setalh masa nifas sampe skarang sya blum haid juga,.

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terimakasih telah bertanya tentang haid dan nifas melalui fitur Tanya Dokter.

Masa nifas adalah masa setelah seorang ibu melahirkan hingga alat-alat kandungannya kembali seperti sebelum hamil. Masa nifas ini berlangsung kira-kira 6-12 minggu. Darah yang keluar di masa nifas merupakan pembersihan terhadap sisa-sisa kehamilan. Pada umumnya keluar sampai jangka waktu 40 hari. Setelah masa nifas selesai, diperkirakan fungsi alat-alat reproduksi telah normal kembali seperti sebelum hamil, karena itu menstruasi sudah dapat terjadi lagi. Pada wanita yang tidak memberikan ASI kepada bayinya, 80% akan mendapatkan menstruasinya kemabali dalam 20 minggu setelah melahirkan. Pada wanita yang memberikan ASI kepada bayinya, proses kembalinya menstruasi akan berlangsung lebih lambat. Meskipun demikian, tidak menyingkirkan pula bahwa seorang wanita dapat mengalami menstruasi kembali dalam 1 bulan setelah melahirkan, karena proses menstruasi diatur oleh kadar hormon di dalam tubuh dan hal ini berbeda-beda pada setiap orang.

Yang perlu dipastikan adalah apakah Anda sedang hamil atau tidak. Apakah Anda sudah pernah memeriksa tes kehamilan (test pack) akhir-akhir ini? Apakah menggunakan kontrasepsi setelah melahirkan? Bila benar tidak hamil, apakah makanan anak Anda adalah ASI saja atau hampir semuanya ASI? Bila ya, maka kemungkinan penyebab dari Ibu tidak menstruasi adalah karena faktor menyusui. Hal ini normal terjadi pada ibu yang masih menyusui secara aktif, di mana makanan anaknya dominan adalah ASI. Datangnya menstruasi setelah melahirkan memang dapat memanjang pada ibu yang masih menyusui. Ada juga yang dapat hingga 1 tahun, ada yang lebih lama lagi.

Jika Anda memberikan ASI ekslusif kepada anaknya selama 6 bulan pertama setelah melahirkan, hal tersebut memang wajar terjadi. Isapan bayi pada payudara ibu saat minum ASI akan menekan hormon-hormon reproduksi lain yang diperlukan untuk terjadinya ovulasi (pelepasan sel telur dari indung telur) dan untuk terjadinya menstruasi. Karena itu, selama ibu memberikan ASI ekslusif, secara otomatis ibu tersebut juga telah menggunakan suatu metode kontrasepsi yang dikenal sebagai metode amenore laktasi (MAL), sehingga dirinya tidak akan hamil lagi selama memberikan ASI ekslusif.

Hal ini sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang haid dan nifas. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar