Sukses

Obat Jamur Pada Vagina

08 May 2017, 14:34 WIB
Wanita, 28 tahun.

Saya semalam menggunakan Canesten SD untuk keputihan. Esok harinya pada sore hari suami mengajak berhubungan. Seandainya terjadi pembuahan, apakah akan mempengaruhi janin saya (janin mengalami cacat saat) krn masih ada sisa canesten yg terbawa saat pembuahan?

Terima kasih telah bertanya seputar Obat Jamur menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

Pengobatan yang anda sebutkan ditujukan untuk mengatasi infeksi jamur pada vagina. Kandidiasis merupakan istilah yang dipakai untuk infeksi jamur dari spesies Candida (Candida sp.), dengan jenis yang paling sering ditemukan adalah Candida albicans. Jamur ini dapat ditemukan dalam keadaan normal dalam jumlah kecil pada mulut, vagina, saluran pencernaan, dan kulit.

Dalam keadaan sehat, terdapat kuman lain dan sistem pertahanan tubuh yang menjaga berbagai kuman normal tubuh manusia. Bagaimanapun, pada keadaan dimana daya tahan tubuh menurun Candida akan semakin mudah berkembang dan menyebabkan infeksi pada organ tempat jamur tersebut berkembang secara normal. Faktor-faktor yang memengaruhi antara lain adalah diabetes, kehamilan, kekurangan zat besi, asam folat dan vitamin B12, kemoterapi, stres, serta penggunaan steroid jangka panjang.

Jamur sangat menyukai tempat lembab sehingga Anda sebaiknya selalu menjaga kebersihan dan kelembaban di daerah vagina Anda. Caranya;

  • Sering mengganti celana dalam apabila berkeringat atau lembab
  • Menghindari penggunaan celana ketat yang terbuat dari bahan yang tidak menyerap keringat
  • Apabila ingin menggunakan panty liner pilihlah yang tidak mengandung pengharum dan tidak digunakan selama lebih dari 4-6 jam
  • Menghindari penggunaan produk pembersih kemaluan yang dapat menyebabkan perubahan keasaman dan keseimbangan bakteri dalam liang kemaluan
  • Bila hendak membilas setelah buang air kecil, lakukanlah dengan arah dari depan ke belakang dan keringkan menggunakan handuk.
  • Pengobatan infeksi jamur membutuhkan kedisiplinan dan kesabaran, karena membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

Sudah berapa lamakah anda menggunakan obat antijamur ini?

Perlu diketahui, obat jamur memang tidak baik digunakan saat anda sedang hamil, namun bila belum terjadi pembuahan, maka penggunaan obat ini aman.

Kami sarankan Anda untuk berkonsultasi ke dokter spesialis kulit dan kelamin yang menangani Anda untuk evaluasi pengobatan yang saat ini sedang anda jalani.

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar