Sukses

Sakit Pinggang: Saraf Kejepit?

08 May 2017, 14:10 WIB
Wanita, 34 tahun.

Dok mau konsultasi.. Saya sudah mempunyai sakit pinggang sudah 2thnan divonis dr dokter saraf kejepit.. Jk menahan bab sangat terasa banget minta solusinya trmksh..

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah bertanya tentang saraf kejepit menggunakan Fitur Tanya Dokter.

HNP (Hernia Nucleosus Pulposus) atau saraf terjepit perlu ditangani secara serius karena jika tidak ditangani secara serius maka dapat mengakibatkan komplikasi yang tidak diinginkan.

Terapi untuk saraf kejepit meliputi:

1. Terapi konservatif

- Bed rest 3-6 minggu + obat anti nyeri
- Pasien harus tidur di atas kasur yang keras, berlapis papan di bawahnya supaya kasur tidak melengkung selama beberapa minggu sampai 3 bulan.
- Fisioterapi
- Bila nyeri dan keluhan subyektif menghilang, maka mobilisasi dapat dilakukan lambat laun untuk kemudian dbantu dengan ‘braces’, ‘corset’ atau ‘belt’

2. Terapi operatif:

- Operasi bertujuan untuk menghilangkan penekanan dan iritasi pada saraf sehingga nyeri dan gangguan fungsi akan hilang.
- Harus dilakukan terutama jika sudah ada kelainan neurologik yang semakin memburuk

Salah satu faktor risiko HNP adalah pekerjaan, seperti terlalu sering mengangkat beban berat. Olahraga yang aman untuk penderita HNP adalah berenang.

Untuk menghindari HNP sebaiknya Anda :

1. Mengurangi angkat beban berat
2. Mengurangi berat badan (berat badan ideal)
3. Untuk Anda hendaknya jika ingin mengambil sesuatu atau benda yang berat lakukan dengan posisi yang benar jangan dengan membungkuk

Untuk menjawab pertanyaan Anda,

1. Tidak ada menu diet khusus untuk terapi saraf kejepit. Hanya saja, jika penyebab saraf kejepit adalah kegemukan maka yang diperlukan adalah penurunan berat badan sehingga menjadi normal kembali.

2. Untuk informasi dokter, Anda dapat menggunakan fitur "Cari Dokter Anda" yang terdapat pada daerah kiri atas halaman depan website kami.

3. Untuk menentukan jenis fisioterapi yang disarankan, harus dilakukan wawancara medis serta pemeriksaan fisik secara langsung terlebih dahulu.

4. Kalau untuk standar terapi yang biasa dilakukan adalah terapi yang telah Kami sebutkan di atas.

Demikian penjelasan tentang saraf kejepit yang dapat Kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar