Sukses

Gatal Pada Selangkangan

08 May 2017, 09:29 WIB
Pria, 17 tahun.

Cara menyembuhkan eksim di selangkangan

Terima kasih telah bertanya seputar Gatal Pada Selangkangan menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

Keluhan gatal pada selangkangan dapat disebabkan oleh berbagai hal, namun penyebab yang paling sering umumnya adalah infeksi jamur atau dermatitis.

Eksim, yang dalam bahasa kedokteran dikenal dengan nama dermatitis, merupakan suatu peradangan pada kulit yang timbul sebagai respon terhadap pengaruh faktor dari luar (seperti paparan terhadap detergen, zat yang bersifat asam/basa, oli, suhu terlalu dingin, bakteri, jamur, dll) ataupun sebagai respon terhadap pengaruh faktor dari dalam tubuh (misal alergi). Dermatitis akan menimbulkan keluhan berupa kulit terasa gatal, berwarna merah, berbintik-bintik atau berbentol-bentol, kadang terdapat cairan didalamnya (vesikel), dll. Keluhan-keluhan dermatitis sering timbul berulang dan berlangsung lama.

Untuk itu, untuk menangani eksim yang Anda alami, perlu diketahui penyebabnya terlebih dahulu. Adakah faktor-faktor pemicu yang membuat eksim Anda muncul? Anda perlu memperhatikan faktor-faktor yang dapat menyebabkan keluhan Anda muncul. Dengan mengetahui penyebab kambuhnya maka Anda dapat melakukan pencegahan kekambuhan.

Dermatitis dapat diatasi dengan salep kortikosteroid, tergantung dari keparahannya, dapat berupa kortikosteroid lemah (hidrokortisaon) atau kortikosteroid sedang (flumetason). Namun yang paling penting dari dermatitis ini adalah Anda harus mengetahui apa pencetusnya.

Jika setelah diobati dan Anda belum mengetahui penyebabnya maka kekambuhan dapat selalu terjadi karena memang penyakit ini termasuk jenis penyakit yang timbul berulang dan berlangsung lama. Namun untuk menegakkan diagnosis pasti, perlu dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung oleh dokter. Oleh karena itu, kami sarankan Anda agar berkonsultasi kembali kepada dokter untuk diagnosis dan terapi yang tepat.

Demikian Informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga dapat bermanfaat.

 

0 Komentar

Belum ada komentar