Sukses

Ibu Hamil Mengonsumsi Pencahar

08 May 2017, 01:18 WIB
Wanita, 28 tahun.

Hamil 2 minggu boleh tidak konsumsi obat pencahar agar tidak sembelit??? Laxing atau dulcolax misalnya dok? Terimakasih dokter

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Memang wanita hamil rentan untuk menderita konstipasi/sembelit. Beberapa faktor penyebab sembelit pada ibu hamil ialah:

Peningkatan hormon. Selama hamil, tubuh akan mengalami peningkatan kadar hormon progesteron, sehingga menyebabkan menurunnya gerakan peristaltik pada saluran pencernaan mengakibatkan pergerakan makanan di dalam usus akan melambat.
Penyakit Wasir atau Faktor Lain. Wasir yang dialami oleh ibu hamil pada awalnya disebabkan oleh relaksasi otot polos pembuluh darah akibat peningkatan hormon progesteron dalam tubuh.
Penggunaan obat pencahar dapat memacu kontraksi usus sehingga mengeluarkan feses, namun obat ini meningkatkan risiko kontraksi uterus. Sehingga obat ini tidak dapat dikonsumsi bebas kecuali dalam pengawasan dokter. Jadi kami sarankan Anda tetap mengonsumsi bahan makanan alami untuk mencegah konstipasi seperti konsumsi air putih 8 gelas perhari serta banyak mengonsumsi serat dan buah. Jika keluhan berlanjut dan menimbulkan ketidaknyamanan bagi Anda, maka sebaiknya segera berkonsultasi kepada dokter untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut.

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

 

0 Komentar

Belum ada komentar