Sukses

Haid Tidak Teratur Pasca Kontrasepsi IUD

08 May 2017, 00:27 WIB
Wanita, 25 tahun.

mlm dok,, sy udh 3thn ini memakai iud, tpaku baru saya alami haid lebih cepat dr tanggal biasanya 10 hari dan lebih lama. kurang lebih 15hari haid saya deras 5hari ini yg keluar seperti satu dua tetes darah saja disertai pusing, muntah dan nyeri bagian bawah pusat, sy usg ke bidan terdekat dan posisi iud bagus,, darah yg keluar bercampur keputihan dok,, apa yg harus syke lakukan ya dok,.. tks

Terima kasih telah menggunakan fitur tanya dokte rmengenai kontrasepsi IUD.

Siklus menstruasi normal berkisar antara 21-35 hari dan berlangsung selama 3-7 hari. Siklus haid tidak teratur umumnya terjadi akibat gangguan keseimbangan hormonal, yang dapat disebabkan oleh beberapa keadaan, antara lain:

pada 3-5 tahun pertama setelah haid pertama

pasien dengan gangguan makan (seperti anorexia nervosa, bulimia)

pasien dengan indeks massa tubuh (IMT) > 30

stress psikologis

atlet

kekurangan vitamin K

penggunaan obat-obatan tertentu

kelainan pembekuan darah

gangguan hormon tiroid, dsb

Spiral/IUD merupakan salah satu AKDR (Alat Kontrasepsi Dalam Rahim), yaitu alat yang dimasukkan ke dalam rahim dan mencegah kehamilan dengan cara mekanik, antara lain dengan menganggu lingkungan rahim, dan menghalangi terjadinya pembuahan maupun implantasi. Terdapat dua jenis AKDR: yang tidak dikombinasi dengan hormon, dan yang dikombinasi dengan hormon progesteron. Efek samping yang banyak ditemukan selama 3-5 bulan pertama pemakaian adalah keluarnya bercak atau perdarahan dari vagina. Keluhan terlambat haid juga dapat ditemukan pada pemakaian AKDR yang dikombinasi dengan hormon progesteron. Jenis AKDR manakah yang Anda pakai saat ini? Yang dikombinasikan dengan hormon ataukah tidak?

?Masih terlalu cepat untuk menentukan penyebab keluhan Anda, mengingat banyaknya keadaan yang dapat menyebabkan gangguan siklus haid. Untuk itu kami sarankan sebaiknya Anda segera mengunjungi dokter spesialis kebidanan dan kandungan Anda untuk tatalaksana yang lebih optimal. Dokter akan memeriksa posisi dan keadaan AKDR, serta mengevaluasi berbagai kemungkinan yang dapat menyebabkan gangguan siklus haid pada Anda. Diskusikan kekhawatiran dan ketakutan Anda dengan dokter yang merawat, agar dapat dicapai solusi yang terbaik untuk Anda dan suami.

Demikian penjelasan kami. Semoga dapat membantu.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar