Sukses

Anak Sering Menggesekan Kemaluan

07 May 2017, 19:57 WIB
Pria, 38 tahun.

Dok saya punya anak perempuan umur 3th, dia suka menggesek gesekan kemaluanya ke sudut meja sampai berkeringat, kalau tidak di perbolehkan dia ngamuk. Apakah normal dok atau harus bagaimana?

Terima kasih telah bertanya seputar Anak  menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

Bagi anak sebenarnya wajar ia punya kebiasaan baru, hanya saya kebiasaan menggesek-gesekkan kemaluannya memang patut untuk dikhawatirkan. Penyebab paling sering yang membuat anak jadi suka menggesek-gesekkan kemaluannya adalah karena rasa gatal. Biasanya rasa gatal pada anak pun dipengaruhi oleh beberapa faktor. Mulai dari alergi, lembab, infeksi (infeksi akibat jamur, bakteri, cacing atau skabies) atau karena kurang higienisnya daerah kemaluan si kecil.

Komunikasikan pada si kecil dengan pelan untuk menghentikan kebiasaannya dan yang paling penting adalah tanyakan apa yang ia rasakan di daerah kemaluannya. Sebaiknya dilakukan dengan tidak membentak atau melarang.

Jika gatal bukan penyebabnya, anak biasanya melakukannya karena salah satu bentuk eksplorasi diri dalam mengenal anatomi dirinya sendiri. Usia 2-5 tahun anak penasaran dengan apa yang terjadi diitubuh dan organ genitalnya. Banyak kasus yang terjadi dan hal ini bisa menghilang saat usia anak mencapai usia 5-6 tahun. Beritahu buah hati anda bahwa hal itu tidak patut dilakukan secara perlahan-lahan. Bila anda sangat khawatir terhadap kondisi anak anda, kami sarankan agar memeriksakan anak anda ke dokter spesialis anak untuk konsultasi lebih lanjut.  

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar