Sukses

Bolehkah Menggerus Obat?

07 May 2017, 19:57 WIB
Wanita, 27 tahun.

Selamat pagi dok. Dokter saya ingin sekali curhat.semoga dokter tidak sungkan mbaca curahkan saya ini.begini dok 3bln yg lalu ibu saya meninggal.saya merasa sangat bersalah dok..krn sebelum ibu saya di bawa ke icu ibu pulang dr rs. Setelah dirumah ibu saya terlihat sangat lemah tak berdaya bicara pun tidak.ibu saya hanya diamm saja tidurr sjahrir dok.krn saya panik saya meminumkan obat yg dr dokter.dengan cara di racik/dilembutkan mnjd 1.krn ibu saya paling susah untuk minum obat dok.dok apa itu kesalahan fatal yah dok saya meminumkan obat ibu dgn cara seperi itu?? Hingga ibu di bwa lg ke rs. Dan dalam keadaan tak sadar dok.ibu di tangani di igd kemudian ke icu krn ibu koma dok.dok apa kesalahan cara minum obat tsb dok ? Yg membuat ibu saya koma dan meninggal dok.?sungguh saya sangat merasa bersalah.dok tolong bantu saya untuk bisa menerima kenyataan ini dok.terimakasih jika dokter berkenan untuk menjawab.dari devi .salam

Terima kasih telah bertanya seputar Menggerus Obat menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

Kami turut berduka cita atas kehilangan anda. Semoga amal perbuatan beliau diterima di sisiNya.

Kami memahami kekhawatiran anda. Sebelumnya kami akan menanyakan beberapa pertanyaan pada anda:

Obat jenis apakah yang anda gerus? Ada berapa macam obat?

Apakah penyakit yang ibu anda derita? Sudah berapa lamakah ibu anda mengkonsumsi obat-obatan tsb? 

Sudah betulkah dosis yang anda berikan pada ibu anda?

Resiko negatif dari menggerus atau menghaluskan obat adalah sebagai berikut:

  • terjadi perubahan pada karakteristik absorpsi obat
  • mengurangi stabilitas produk (contoh ada beberapa obat yang sangat sensitif terhadap cahaya setelah digerus)
  • mengakibatkan efek iritasi lokal (menyebabkan iritasi atau luka lambung seperti alendronat, diclofenac)
  • dapat menghasilkan produk dengan rasa yang tidak dapat diterima pasien (obat yang pahit kemudian disalut gula contoh quinine, ibuprofen, ciprofloxacin, cefuroxime, pseudoephedrine, praziquantel)
  • Lain-lain (sertraline dikenal mempunyai efek anestesi/bius lokal, sehingga sertralin jika diberikan pada bentuk serbuk akan membuat pasien merasakan efek ini)

Perlu diperhatikan ada beberapa obat-obatan lepas lambat yang bertujuan untuk melepaskan obat selama periode waktu tertentu contoh 24 jam, sehingga pasien harusnya minum 3x sehari bisa minum sekali sehari saja. Menggerus obat dalam sediaan ini tentu akan mengakibatkan perubahan pada pelepasan obat, oabt yang seharusnya dilepaskan secara perlahan justru kemungkinan dilepaskan dalam sekali waktu sehingga kemungkinan akan terjadi overdosis atau gejala toksisitas setelah meminumnya dan kemungkinan setelah selang waktu tertentu justru underdose karena tidak ada lagi pelepasan obat.

Kami perlu ingatkan pada anda bahwa proses kematian merupakan rahasia Tuhan yang tidak bisa dihindarkan. Kondisi ibu anda yang memburuk bisa saja karena penyakitnya yang sudah berat, dan sudah diupayakan semaksimal mungkin oleh para dokter di ICU. Kami sarankan agar anda terus berdoa untuk ibu anda, dan tidak berlarut dalam kesedihan anda.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat

 

0 Komentar

Belum ada komentar