Sukses

Induksi Persalinan

07 May 2017, 19:58 WIB
Pria, 29 tahun.

Dok...sebelum hamil BB saya sudah 69kg dengan TB 148cm. Skrang BB 76kg masa kehamilan 39minggu berat bayi 3,3kg. Saya di vonis obesitas oleh doker. Ktanya saat melahirkan gak bs dalam usia kandungan normal 40minggu. Kemarin saya hrus terpaksa di kasih perangsang. Sudah 24jam gk da reaksi pembukaan sama sekali. Akirnya perangsang di hentikan dulu untuk observasi. Dokter saya benar2 bingung apa yg harus saya tanyakan ke dokternya nanti? Saya takut ada apa2 kalau di kasih perangsang lagi. Tolong dokter saya benar2 bingung!

Terima kasih telah bertanya seputar Induksi Persalinan menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

Jika kehamilan Anda memang telah cukup bulan, Anda dapat memicu terjadinya kontraksi rahim untuk membantu mempercepat proses kelahiran dengan beberapa cara alami seperti:

  • Dengan meningkatkan frekuensi berjalan kaki atau naik dan turun tangga.
  • Dengan melakukan stimulasi terhadap puting susu
  • Dengan melakukan hubungan seksual. Cairan ejakulasi mengandung prostaglandin dan saat orgasme tubuh wanita akan melepaskan oksitosin. Prostaglandin dan oksitosin merupakan hormon yang dapat memicu terjadinya kontraksi rahim.

Lakukanlah aktivitas-aktivitas tersebut secara rutin. Kehamilan cukup bulan memang berkisar antara 38-42 minggu. Untuk itu, jika usia kehamilan Anda sudah mencapai 39 minggu, Anda masih memiliki cukup waktu untuk menantikan persalinan dapat berlangsung dengan normal. Selain itu, Anda juga sudah merasakan kontraksi pada perut Anda. Jika bayi Anda sudah cukup bulan dan belum ada tanda-tanda persalinan, dokter akan menginduksi persalinan Anda dengan obat-obatan untuk memicu terjadinya kontraksi rahim. 

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Jika kehamilan sudah aterm (cukup bulan) seperti kehamilan Anda saat ini, obat perangsang seperti misoprostol aman digunakan sebagai induksi persalinan, yaitu mempercepat jalannya persalinan. Tindakan induksi persalinan dilakukan bila hal tersebut dapat memberi manfaat bagi ibu dan atau anaknya.
INDIKASI:

Ketuban pecah dini dengan chorioamnionitis
Pre-eklampsia berat
Ketuban pecah dini tanpa diikuti dengan persalinan
Hipertensi dalam kehamilan
Gawat janin
Kehamilan postterm

Memang akan terjadi kontraksi perut sesaat setelah mengkonsumi obat ini, tentu nya dokter yang telah memeriksa Anda secara menyeluruh sebelumnya mempunyai pertimbangan khusus mengenai pemberian obat ini. Oleh karena itu kami sarankan Anda melakukan konsultasi kembali dengan dokter kandungan Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar