Sukses

Pemberian Obat Batuk Pilek Setelah Imunisasi

07 May 2017, 19:58 WIB
Pria, 37 tahun.

Terima kasih telah bertanya seputar Imunisasi Anak menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

Boleh bayi minum obat piles setelah do imunisasi BCG dan polio 1?

Terima kasih telah bertanya seputar imunisasi anak menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

Sebelum Menjawab pertanyaan Anda, Kami akan sedikit membahas tentang Imunisasi BCG.

Pemberian imunisasi BCG ditujukan untuk membentuk kekebalan tubuh terhadap penyakit yang ditimbulkan oleh kuman Mycobacterium tuberkulosis. Penyuntikan dilakukan sebelum usia 3 bulan, optimal pada usia 2 bulan. Penyuntikan vaksin dilakukan intrakutan (dibawah kulit, tidak didalam otot) pada lengan kanan atas, hal ini sudah menjadi kesepakatan nasional.

Pada lokasi suntik imuniasasi BCG akan timbul tanda menyerupai bisul. Jika reaksi ini muncul lebih cepat, misalnya seminggu setelah pemberian, berarti tubuh anak sudah terinfeksi TB. Padahal normalnya, tanda itu paling cepat muncul pada 2 minggu setelah anak divaksinasi BCG. Namun rata-rata, benjolan pada kulit muncul setelah 4­6 minggu. 

Sedangkan imunisasi polio teradapat dua macam, yang pertama oral polio vaccine atau vaksin tetes mulut. Sedangkan yang kedua inactivated polio vaccine (IPV), ini yang disuntikkan.

Oral polio vaccine atau vaksin tetes mulut polio relatif mudah diberikan, murah, dan mendekati rute penyakit aslinya. Sementara proses vaksinasi melalui penyuntikan memiliki efek proteksi lebih baik namun mahal dan tidak punya efek epidemiologis. Pemerintah sekarang mulai mencanangkan penyuntikan polio/IPV ke dalam program wajib pemerintah. IPV sebelumnya sudah diwajibkan di Yogyakarta dan Bali.

Pada dasarnya imunisasi polio wajib diberikan segera setelah lahir dilanjutkan dengan 3 dosis wajib pada usia 2, 4 dan 6 bulan. Tiga dosis yang diberikan setelah dosis pertama segera setelah lahir dapat memberikan proteksi yang cukup terhadap infeksi polio. Dosis berikutnya (setelah usia wajib tersebut) merupakan dosis penguat (booster) untuk tetap mempertahankan daya tahan terhadap virus polio hingga usia dewasa.

Terkait dengan pertanyaan anda mengenai obat pilek setelah vaksinasi BCG dan polio, hal ini tidak masalah dan diperbolehkan

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar