Sukses

Penyebab dan Penanganan Komedo Hitam

07 May 2017, 18:06 WIB
Wanita, 24 tahun.

Kulit saya bermasalah.... Ada bintik" hitam d seluruh pori" kulit saya, kulit says seperti kulit ayam, yg tidak rata/ halus, pernah 4x bintik muncul Hitam besar Dan keras, setelah saya pencet paksa, yg kluar benda seperti krikil hitam , bentuknya keras, akhir2 ini sekitar jari tangan data sering keluar kyk jerawat tpi isinya air. Rasanya gatal, kyk seperti cacar air tpi INI lebih kecil n tidal terllu menonjol keluar.... Skrng bintik" PD kulit data sudah menyebar hampir seluruh badan, bahkn sekarang ada pada payudara saya, Saya sebenernya sakit APA ya dok? Brobat kesana kemari tpi gal d efek APA APA.... Trimksih.

Terima kasih telah bertanya seputar cara menghilangkan komedo hitam di wajah menggunakan fitur Tanya Dokter

Gangguan kulit harus didiagnosis dengan pemeriksaan secara langsung. Namun, sepertinya yang Anda alami adalah komedo hitam. Komedo adalah penyumbatan pori-pori pada kulit dan menimbulkan titik hitam atau putih yang biasanya terjadi di wajah, leher, dada atau punggung. Komedo timbul akibat tersumbatnya kelenjar minyak (sebaceus gland), sehingga minyak yang dihasilkan (sebum) tidak dapat dialirkan keluar dan terbentuklah komedo. Sumbatan ini dapat terjadi akibat penumpukan sel kulit mati, akibat produksi minyak yang berlebih, atau akibat penggunaan kosmetik rias ataupun perawatan.

Apa yang harus dilakukan untuk menangani komedo?

Rajin mencuci muka minimal 2x sehari dengan sabun yang tidak banyak menghasilkan banyak busa
Diet rendah lemak dan karbohidrat
Hidup teratur, sehat, olahraga 3x/minggu minimal 30 menit
HIndari stress
Gunakan kosmetik secukupnya, hindari kosmetik berbahan dasar minyak (foundation, BB cream, bedak padat)
Hindari hal yang dapat memacu kelenjar minyak: alkohol, makanan pedas, rokok
Hindari polusi udara
Hindari pemencetan komedo/jerawat karena dapat memperberat erupsi
Selain itu, Anda dapat melakukan facial (ekstraksi komedo) secara teratur setiap 2 minggu-4 minggu sekali untuk mengeluarkan komedo. Kami sarankan agar anda melakukan facial (ekstraksi komedo) di dokter spesialis kulit dan kelamin. Demikian, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar